Model Six Thinking Hats diperkenalkan oleh Edward de Bono pada tahun 1985. Model ini melatih kita melihat satu topik dari berbagai sudut pandang, yang disimbolkan dengan enam warna topi. Setiap topi mewakili cara berpikir yang berbeda; beberapa di antaranya terkadang mendominasi cara kita berpikir. Karena itu, dengan semakin sering melatih keenam "topi", kita akan dapat mengambil refleksi yang lebih mendalam. Keenam topi tersebut berikut penggunaannya dalam jurnal refleksi adalah:
- Topi putih: tuliskan informasi sebanyak-banyaknya terkait pengalaman yang terjadi. Informasi ini harus berupa fakta; bukan opini.
- Topi merah: gambarkan perasaan Anda terkait dengan topik yang sedang dibahas, misalnya perasaan saat mempelajari materi baru atau saat menjalankan diskusi kelompok.
- Topi kuning: tuliskan hal-hal positif yang terkait dengan topik tersebut.
- Topi hitam: tuliskan kendala, hambatan, atau risiko dari tindakan/peristiwa yang sedang dibahas.
- Topi hijau: jabarkan ide-ide yang muncul setelah mengalami peristiwa tersebut.
- Topi biru: tarik kesimpulan dari peristiwa yang terjadi, atau ambil keputusan setelah mempertimbangkan kelima sudut pandang lainnya. Bandingkan dengan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Â
FACTSÂ
Pada modul 2.1 ini kita belajar tentang pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa. Hal yang dipelajari salah satunya adalah pembelajaran berdiferensiasi.rangkaian kegiatan yang telah saya ikuti adalah ;
31 Oktober ; Mulai dari DiriDalam hal ini CGP membuat blogpost berisi refleksi individu bagaimana seorang guru dapat memenuhi kebutuhan belajar murid.
1 November 2022 : Eksplorasi Konsep
Dalam hal ini kita belajar tentang pembelajaran berdiferensiasi dengan menyimak video dan juga menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di LMS
2 November : Tugas Eksplorasi Konsep
Kegiatan yang dilakukan adalah mengunggah diagram frayer yang sudah di buat yang menunjukkan pemahaman tentang pembelajaran berdiferensiasi, termasuk pengertian, ciri, contoh dan bukan contoh pembelajaran berdiferensiasi.
Â
3 November 2022 : Pendalaman materi tentang pemenuhan kebutuhan belajar siswa. Kami berdiskusi dengan fasilitator dan juga rekan sesama CGP.