Mohon tunggu...
Dwi
Dwi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Freelancer

Hobi Membaca dan Menonton

Selanjutnya

Tutup

Diary

Dapat Kerja Sulit Ga Sih? #1

19 Februari 2024   21:38 Diperbarui: 19 Februari 2024   21:40 62
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Hi aku dimasa depan....

aku ga tau kamu di masa depan itu kerjanya apa, yang pasti aku yang sekarang lagi berusaha buat aku dimasa depan bisa survive dan bisa wujudin impian aku. 

Ini journey aku dimasa sekarang untuk dapat kerja, aku berharap journey job seeker ini tidak akan panjang, aamiin. :). 

Aku diwisuda pada bulan Desember 2023, terhitung per hari ini udah 2 bulan lebih aku menjadi pengangguran. Sedih? pasti, insecure? pasti, ovt? ada banget. Emang semua ada jalannya, tapi tetap aja yang namanya kekhawatiran itu masih ada sekeras apa pun positive thingking nya. I know Allah would gave me better way. Aku masih ga denial kok guys tentang hal itu, tapi tetap aja namanya manusia pikirannya negative mulu.

It's not about nobody. Emang aku diawal diwisuda bulan pertama santaii banget, dan membuat aku di 2 bulan kemudian menyesal. Kenapa ga dari kemaren kemaren applynya?  it's being my regret. Yah, balik lagi. udah berlalu lu mau ngapain? yang bisa lu lakuin ya maksimalin masa sekarang buat cari kerja dan pengalaman, serta doa pastinya.

Memasuki dunia "dewasa" emang ga gampang guys, no rule and no guidelines for being adult. Ga kayak waktu masih sekolah, kita tau harus kemana setelah lulus dari suatu tingkatan sekolah, SD ke SMP trus SMA dan kalau beruntung bisa Kuliah. Tapiiii, menjadi dewasa kita yang trial and error sendiri, what the best for me?. Punya tanggung jawab untuk diri sendiri dan mungkin keluarga. memulai sesuatu di dunia dewasa juga ga mudah, likes you should kerja, di mana lu kerja ya kalau salah karna lu, ga ada toleransinya, kena marah dulu, dan tanggungjawabnya bisa aja gede kalau masalahnya krusial. Tapi.. semuanya tetap harus dijalani for better life ya, jangan terlalu negative, waspada boleh.

One of my regret juga adalah kenapa aku ga mulai kerja cari pengalaman selama perkuliahan. Banyak banget emang yang bilang harus banyakin pengalaman selama kuliah, dan itu bener banget. but, I didn't :(. Kalau mau cari pembenaran, mungkin karena covid kali ya, wkwk? dimana harus kuliah dari rumah, tapi tetap aja kedengarannya jadi alesan! HAHA. Jangan biasain cari alesan ya guys, is not good. Keluar dari zona nyaman! itu harusnya yang aku lakuin waktu itu. 

Aku cuma pernah ikut sekali magang dan itupun udah diakhir kuliah, jadi ga banyak waktu yang bisa dipake buat magang dan cari pengalaman lagi. Guys, satu hal yang mau aku highlight adalah jangan terfokus sama magang yang disediain kampus aja, you should active to found a job yang linear sama "kamu mau jadi apa setelah lulus nanti", jangan pengalaman yang ga linear ya guys, its okay kalau cari pengalaman doang, tapi tetap fokus sama "what you want to be" biar bisa di cantumin di CV kamu. Itu salah satu kesalahan aku yang bikin aku kesal banget sama diriku dimasa lalu :(. 

Hari ini segini dulu cerita aku, kalau ada waktu kita sambung lagi. Aku berharap kamu yang baca ini bisa survive dan ga punya penyesalan kek aku alamin, semoga bisa tercerahkan ya guys. SEMANGAT!.    

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun