PRAJNA
Dimensi kedua dari Gajah Mada Leadership yg dikutip dari Disertasi Dr. Ir. I Dewa Ketut Suharjana, MM adalah Prajna.
Leader harus bertindak dengan cara memotivasi dan menginspirasi timnya, bersikap Arif bijaksana dan dapat dijadikan panutan
Dalam bisnis, pengembangan usaha kita haruslah mengacu pada nilai-nilai Blue Ocean Strategi atau Strategi Samudera Biru nya W. Chan Kim dan Renee Mauborgne.
Kita harus mengembangkan inovasi baru untuk mengembangkan produk baik itu barang atau jasa.
Contoh sederhana misal: kalo di suatu wilayah semua petani sudah menanam coklat, janganlah ikut2an menanam coklat namun cobalah menanam Ikan, buat tambak.
Atau hal lain, jika banyak orang bikin usaha kontraktor, cobalah anda buka usaha toko material.
Dari kedua contoh di atas, hasilnya pastilah akan mencengangkan anda.
Dalam kehidupan sosial juga sama. Sebagai pimpinan, ketua atau pengurus/pelatih dalam sebuah organisasi (misal organisasi olah raga) harus lah kita memberikan suri tauladan dalam bersikap dan menebarkan energi positif sehingga tim kita bisa mencontoh hal2 baik.
Agar atlit kita menang misalnya, jika atlit lain latihan 2x seminggu, jadikan atlit kita latihan 6x seminggu. Jika atlit lain cuma latihan di Dojo, bawa atlit kita belajar di pelatih hebat di luar Dojo.
Jangan justeru dari kita lah kecurangan dan ketidakadilan bersumber. Misal: agar atlit binaan kita menang maka kita mengatur siapa saja yang jadi pengadil dalam satu even, atau mengatur agar Pengadil memenangkan atlit binaan kita. Kalau ini terjadi, alih-alih menjadi suri tauladan, kita malahan menjadi perampok hak juara atlit lain.
#BeTheGameChanger
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H