"Ceddimi' Tau Rupa Taumi Maega",Filosofi Kehidupan Orang Soppeng
Pernah Dengar Lagu Mattapa' Cora'na Soppeng ? Atau jalan dan liburan ke Permandian air panas (wae pella bahasa ogi' nya dan englishnya water hot denksappo') Lejja,Permandian Ompo',Calio dan Situs Purbakala,Dusun Umpungeng dengan kultural etniknya,Kalong dan mitosnya,Sewo,Citta,Cabbenge dan seterusnya. Pernah mendengar radio komunitas zmile fm tahun 2004 ? Ataukah anda pernah membeli produk clothing StupidNation,Ceria Hati ?Group musik tradisi Mandaling,Angklung versi Soppeng,Gendang Kayu. Mungkin juga pernah mencicipi Barobbo', Dodol Pangi,Nasu' Kaloa',Bolu',vifang dll. Mimpi Soppeng menjadi daerah kreatif,Mungkinkah ? Itulah sederet industri kreatif berdasarkan survey sementara kami tentang dunia  kreatif di Kabupaten Soppeng. Mengapa industri kreatif perlu menjadi fokus dan proritas pengembangan ekonomi di daerah ini ? Berikut daftar alasan utamanya, silahkan di koreksi bro : 1. Tahukah anda, Apple,Microsoft,Google,Facebook,Twitter,Youtube adalah hasil industri kreatif yang       tergabung di Silicon Valley (Zona Kreatif industri Digital Amerika Serikat ),banyak anak muda daerah ini    jago IT 2. Batik,Kain tenung,kebaya,sarung,clothing distro,busana muslim adalah produk industri kreatif. Soppeng     memiliki Lipa' Sabbe',Songkok Baku' Umpungeng, 3. Nasi Goreng,Bakso,Gado-Gado,Pizza,Kentucky,Sushi,Ice Cream juga merupakan industri kreatif bidang   kuliner. Soppeng ada barobbo',bolu,baje' canggoreng,nasu' kaloa' ,Sarabba feat Bette Lame',Sokko       Petang Rupa',Tello Kannasa' dll. 4. Film Riri Reza, pria asli asal Bugis Makassar,Laskar Pelangi  masuk kategori produk kreatif bidang         film,video dan fotografi bisa menjadi inspirasi lahirnya sineas muda Soppeng 5. Menurut data BPS kurang lebih 34 % dari populasi 250.000 penduduk Soppeng adalah pemuda/pemudi    umur 15   tahun - 40   tahun. 6. Visi Misi Daerah ini salah satunya adalah menjadi daerah maju,berdaya saing,peningkatan kualitas         SDM,kreatif,inovatif. 7. Kreatifitas adalah produk pemikiran jadi akan selalu ada dan tidak habis selama kita mau berpikir.         Unlimited Creative. 8. Destinasi wisata di beberapa tempat bisa di kelola secara kreatif dan unik hingga mendorong masuknya     wisatawan lokal dan mancanegara. 9. Soppeng bukan daerah tambang batu bara seperti Kalimatan,tambang emas seperti Papua, Kabupaten     tanpa lautan. Hanya kreatifitas modal utama untuk membangun daerah ini hingga menekan angka          pengangguran,kriminalitas dan keterbelakangan. 10. Untuk Fashion, boleh di adu, hampir seluruh daerah dari sumatera sampai papua pasti ada Penjahit        Soppeng. 11. Tumbuh berbagai komunitas kreatif yang butuh ruang berkreasi dan apresiasi. 12. Orang Soppeng di kenal dengan keramahan,kesabaran dan kelembutannya. Dalam ilmu bisnis dan         marketing hal ini sangat penting. 13. Silahkan (tabe') di tambahkan...
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H