Hari gini tidak kenal komputer, laptop / netbook atau HP ???? Memang bukan kebutuhan pokok barang -- barang yang sudah disebut diatas, tapi karena perkembangan teknologi dan kebutuhan kita sehari -- hari maka kita diharapkan menggunakan barang -- barang tersebut. Begitu juga dengan para guru, hampir semua kegiatan dalam pembelajaran mulai menggunakan teknologi komputer / laptop.Â
Dimana dulu banyak guru masih menulis manual atau menggunakan mesin ketik untuk membuat perangkat pembelajaran, media pembelajaran dan proses penilaian. Namun sekarang sudah banyak pula guru -- guru yang menggunakan komputer / laptop untuk membuat perangkat pembelajaran dan kebutuhan lainnya dalam KBM.
Terlebih lagi dalam hal penyampaian materi pembelajaran, guru harus selalu berinovasi supaya materi tersampaikan dengan maksimal dan para siswa merasakan pembelajaran yang menyenangkan bahkan tidak merasa belajar tapi memahami materi pembelajaran. Dengan perkembangan teknologi pula sekarang banyak program -- program yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran kepada siswa baik itu yang online maupun offline. Dan beberapa ada juga yang bisa diakses oleh siswa menggunakan HP mereka masing -- masing.Â
Beberapa contoh program yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran adalah power point, focusky, whiteboard animation, prezi dan ada pula yang bisa digunakan untuk proses penilaian sikap yaitu class dojo. Untuk proses penilaian ada program khusus pembuat soal yaitu google form, power point dan quiz creator, program yang sekarang sedang saya pelajari.Â
Dimana kelebihannya adalah paper less (tidak menggunakan kertas proses ulangannya), tidak harus online pada saat pengerjaan baik siswa atau gurunya, bahkan ada yang nilai dari pengerjaan soal -- soal tersebut sudah terekap langsung dan ada pula yang nilainya harus ditulis sendiri oleh gurunya tanpa koreksi manual. Sangat membantu bukan ? Tapi tetap perlu ada kebijakan dari para guru itu sendiri supaya penggunaan teknologi tersebut tidak merugikan para siswa lebih -- lebih berpengaruh negatif.Â
Jangan lupa tetap memprioritaskan manfaat positif dari penggunaan teknologi komputer dan internet. Para siswa juga harus diberi pengertian bahwa penggunaan HP dan internet difokuskan untuk pembelajaran bukan untuk permainan. Guru dan siswa jaman now memang harus melek IT tapi tetap mengutamakan pengaruh positif yaitu pemahaman materi pembelajaran dan mendapatkan prestasi terbaik.
Pada akhirnya tergantung kita masing -- masing sebagai guru bagaimana pemanfaatan teknologii yang kita pilih dan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran dan siswa. Dan jangan sampaii keblinger oleh teknologi supaya tetap pada jalur yang benar. Sangat boleh MELEK IT asalkan sesuai kepentingan dan bermanfaat positif.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H