Mohon tunggu...
Ida Aini Fitriyah Aprilianita
Ida Aini Fitriyah Aprilianita Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Memberi adalah menerima, dan memberi adalah sejatinya kasih sayang~🍃

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Refleksi tentang Pembelajaran pada Zona Perkembangan Proksimal (ZPD)

20 November 2023   20:03 Diperbarui: 6 Desember 2023   22:54 92
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pada bagian Mulai Dari Diri, yang saya pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran yaitu sebelum memulai pembelajaran saya memahami topik ini berkaitan dengan perkembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan belajarnya. Gaya belajar, kemampuan belajar dan perkembangan peserta didik saling berkaitan.

Pada bagian Eksplorasi Konsep, yang saya pelajari dari konsep dalam topik ini yaitu saya mempelajari konsep tentang zona perkembangan proksimal (ZPD) mengandaikan interaksi pada tugas antara orang yang lebih kompeten dan orang yang kurang kompeten, sehingga orang yang kurang kompeten menjadi mahir secara mandiri pada apa yang awalnya merupakan tugas yang diselesaikan bersama. Pada konsep ini saya mengerti bahwa kemampuan seseorang untuk meniru, seperti yang dipahami oleh vygotsky merupakan dasar untuk zona subjektif perkembangan proksimal dan dapat dikatakan bahwa zona perkembangan proksimal didefinisikan mengacu pada tindakan intelektual dan fungsi mental yang dapat digunakan anak dalam interaksi, ketika kinerja mandiri tidak memadai.

Pada bagian Ruang Kolaborasi, yang saya pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan saya yaitu kami membahas mengenai pemikiran setiap anggota kelompok terhadap pandangan tentang pembelajaran pada zona perkembangan proksimal (ZPD) yang mempengaruhi proses pendidikan serta pembelajaran pada peserta didik beserta persamaan dan perbedaan setiap anggota kelompok.

Pada bagian Demonstrasi Kontekstual, hal penting yang saya pelajari dari yang telah saya lakukan bersama kelompok, hal penting yang saya peroleh bersama rekan-rekan saya yaitu pemahaman masing-masing anggota kelompok tentang ZPD dan kesiapan mengajar mereka dengan memperhatikan pembelajaran pada ZPD. tentu hal tersebut membuat sedikit banyaknya motivasi untuk memberikan pembelajaran yang sesuai dengan ZPD peserta didik agar mereka dapat mengembangkan potensinya secara maksimal.

Ada bagian Elaborasi Pemahaman, sejauh ini yang sudah saya pahami tentang topik ini yaitu saya memahami ZPD harus ditetapkan oleh guru dalam pembelajarannya. Konsep ZPD memiliki beberapa implikasi penting dalam konteks pembelajaran. ZPD menekankan pentingnya guru berperan untuk membimbing dalam proses menggali potensi peserta didik serta ZPD juga menekankan pentingnya kolaborasi dan interaksi sosial dalam proses pembelajaran.

Hal baru yang saya pahami atau yang merubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai yaitu tentang pentingnya penerapan zona perkembangan proksimal (ZPD) sebagai pemecah masalah yang menitikberatkan perkembangan peserta didik. Guru harus menyadari pembelajaran yang tepat untuk peserta didiknya karena tahap perkembangan peserta didik itu berpusat pada perkembangan dirinya sendiri.

Yang saya ingin pelajari lebih lanjut dari topik ini yaitu Saya ingin mempelajari mengenai penerapan ZPD dalam pembelajaran di kelas, agar saya dapat memberikan bantuan yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik.

Pada bagian Koneksi Antar Materi, saya mengaitkan topik ini dengan mata kuliah lain. Sebagai pemahaman perkembangan peserta didik, maka mata kuliah ini sangat berhubungan dengan mata kuliah lainnya, misal penerapan ZPD  dalam pembelajaran erat dengan mata kuliah Pemahaman Peserta Didik dan Pembelajarannya. Saya sebagai seorang guru harus memperhatikan pemahaman siswa dan memberikan bantuan apabila siswa mengalami kesulitan. Sebagai seorang guru juga bertugas untuk membantu dan mengembangkan potensi siswa secara maksimal dan lebih baik lagi. Begitu juga dengan mata kuliah lain seperti prinsip pengajaran dan assesmen, literasi dalam lintas mata pelajaran, filosofi pendidikan dan praktik pengalaman lapangan. Karena mata kuliah di atas saling berkesinambungan antara satu sama lain. Sehingga dalam prosesnya pemahaman tentang ZPD ini membantu guru dalam memahami peserta didik, membuat rancangan pembelajaran dan assesmen,  menentukan strategi pembelajaran dan literasi yang sesuai, serta praktik nyatanya dalam pembelajaran langsung di kelas saat terjun di sekolah.

Pada bagian Aksi Nyata, saya menguraikan manfaat yang diperoleh setelah mempelajari topik ini untuk kesiapan saya sebagai guru. Manfaat yang diperoleh yaitu saya memahami zona perkembangan proksimal pada peserta didik yang memudahkan saya dalam menentukan zona atas dan bawah pemahaman peserta didik, dimana pembelajaran ZPD membantu guru untuk memberikan solusi yang tepat pada anak didiknya.

Saya menilai kesiapan saya saat ini dalam menjalankan profesi sebagai seorang guru, masih berada di skala 8, karena saya perlu banyak belajar lagi memahami perspektif sosiokultural yang beragam ini. Kemudian saya juga harus memahami bagaimana perkembangan peserta didik agar mereka berada di zonanya masing-masing.

Persiapan lebih lanjut yang perlu disiapkan agar saya dapat menerapkannya dengan optimal yaitu dengan ukuran optimal pembelajaran itu sendiri. Ukuran optimal menurut saya adalah pembelajaran yang berlangsung di kelas berjalan dengan nyaman, aman dan menyenangkan sembari mewujudkan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Pemenuhan zona perkembangan proksimal peserta didik harus dipertimbangkan oleh guru, dengan itu seharusnya guru dapat melaksanakannya dengan pelatihan dan memperbanyak pengalaman lagi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun