Kali ini saya akan membahas tentang kontribusi nyata menerapkan perspektif sosiokultura dalam pembelajaran. Di mana hal ini dimulai dari diri saya sendiri, mengeksplorasikam konsep, berkolaborasi dengan rekan, mendemonstrasikannya secara kontekstual, mengelaborasikan pemahaman, menghubungkan dengan materi lain, serta mewujudkannya dalam aksi nyata. Pemikiran sebelum mempelajari topik ini yaitu saya memahami bagaimana metode yang digunakan dalam proses pembelajaran yang disesuaikan dengan perspektif sosial kultural yang dimiliki oleh peserta didik.
Konsep yang dipelajari dalam topik ini yaitu pendekatan strategi, metode dan teknik pembelajaran yang mengedepankan fungsi dari perspektif sosiokultural pada peserta didik. Pendekatan tersebut saya pelajari dari beberapa teori menurut ahli yang memaparkan mengenai konsep serta pendekatan yang dapat dilakukan dalam menerapkan pembelajaran pada kondisi perspektif sosiokultural yang berbeda pada peserta didik.
Dengan mengkolaborasikan bersama rekan, saya mengetahui bagaimana setiap sudut pandang dari rekan-rekan kelompok, mengenai perspektif sosiokultural seperti budaya, sosial, ekonomi dan politik dalam pembelajaran, yang mempengaruhi proses pendidikan serta bagaimana persiapan dan kesiapan dari masing-masing kelompok, yang akan menerapkan pendekatan dalam perspektif sosiokultural pada peserta didik secara langsung.
Peran demonstrasi kontekstual dalam kelompok yaitu menerima pendapat dari masing-masing kelompok, serta menemukan persamaan dan perbedaan dari masing-masing pendapat mengenai penerapan metode perspektif sosiokultural pada pembelajaran, sehingga kami mendapatkan pandangan dan pemahaman baru dari rekan-rekan kelompok lain, di mana hal ini menambah dan memperkaya pengetahuan kami sebagai seorang pendidik nantinya.
Mengelaborasikan pemahaman baru yang diperoleh dari pembahasan topik ini yaitu pemahaman mengenai pendekatan, metode pembelajaran yang menerapkan perspektif sosiokultural pada peserta didik. Kemudian yang ingin saya pelajari lebih lanjut adalah mengenai berbagai sudut pandang dari perspektif sosiokultural terhadap penerapannya pada pelayanan peserta didik di sekolah.
Koneksi dengan konsep atau materi lain yaitu pada pemahaman peserta didik, serta dalam pembuatan assesmen. Saya merasa hal ini saling berkaitan antara satu sama lain dan apabila semakin dipelajari, maka akan semakin memiliki konsep yang berkaitan dan tidak dapat dipisahkan.
Refleksi yang saya peroleh dalam mempelajari topik ini yaitu berkaitan dengan manfaat pembelajaran untuk kesiapan Saya sendiri sebagai seorang pendidik. Di mana seorang guru harus mampu memahami setiap peserta didiknya, entah itu dari berbagai latar belakang perspektif sosiokultural yang dimiliki peserta didik. Karena dengan ini, diharapkan seorang pendidik dapat menyesuaikan pemilihan metode pembelajaran dengan pendekatan yang sesuai dengan keadaan dan perasaan peserta didik.
Di. Dan di tahap ini saya menilai kesiapan saya dengan nilai 8, karena saya banyak kekurangan dan perlu belajar lebih mendalam serta perlu mempersiapkan lebih lanjut untuk menerapkannya secara optimal.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H