- TUGAS MODUL 2. 1
- MULAI DARI DIRI
- Oleh: Ida Yuliasih Herawati, M. Pd
- CGP Angkatan 5 Kabupaten NgawiÂ
- Guru SMPN 3 Pitu
BAGAIMANA SEORANG GURU DAPAT MENGELOLA KELAS DAN MEMENUHI KEBUTUHAN BELAJAR MURID-MURIDNYA YANG BERBEDA-BEDA?
Guru harus menyadari bahwa mereka dihadapkan pada keragaman siswa saat mereka memasuki kelas. Berdasarkan karakteristik siswa yang berbeda, minat siswa yang berbeda, gaya belajar yang berbeda, tingkat pemahaman yang berbeda, dll. Keberagaman ini menjadi tantangan bagi guru. Guru harus memastikan bahwa semua siswa di kelas belajar. Tentu saja keragaman ini menuntut guru untuk menyadari bahwa tidak semua siswa dapat diperlakukan sama dalam hal pembelajaran. Jadi pembelajaran apa yang bisa diterapkan untuk mengatasi keragaman siswa?
1. Bayangkanlah kelas yang saat ini Anda ampu dengan segala keragaman murid-murid Anda. Apa yang telah Anda lakukan untuk melayani kemampuan murid yang berbeda? Apa yang Anda lakukan untuk membuat proses pembelajaran menjadi lebih mudah untuk murid Anda? Apakah ada perlakuan yang berbeda yang Anda lakukan? Jika ada, perlakuan seperti apa? Jika tidak ada, apa dampaknya terhadap murid Anda?
Setiap anak terlahir unik dan berbeda, mereka memiliki keistimewaannya masing-masing. Saat berada di dalam kelas, guru mungkin akan menyadari bahwa setiap anak yang meskipun berasal dari kelompok usia yang sama, memiliki banyak perbedaan. Baik dari sifat, sikap, penampilan, kebiasaan, minat, tingkat kecerdasan, tingkat emosional, cara bicara, bahkan cara belajar mereka. Perbedaan ini adalah sesuatu yang alami dan wajar.
Sebagai seorang pendidik, kita harus mampu memberikan pelayanan yang baik dan memenuhi semua kebutuhan murid yang berbeda-beda untuk membuat proses pembelajaran menjadi lebih mudah untuk setiap individu. Guru harus memahami setiap karakteristik muridnya. Dengan keragaman murid, sebetulnya bahwa murid itu ingin diperhatikan saat proses pembelajaran. Murid akan senang jika diperhatikan oleh gurunya. Sebagai guru harus pandai membangkitkan semangat belajar setiap muridnya dan tidak mengabaikan perkembangan kepribadian siswa saat mereka berbuat baik, tidak membuat masalah, dan meraih pencapaian kompetensinya.
Untuk mengakomodir perbedaan yang dimiliki murid, maka seorang guru harus bisa memberikan pembelajaran yang menghargai perbedaan semua siswa, terbuka untuk semua, dan memenuhi kebutuhan setiap individu. Pembelajaran berlangsung dalam berbagai cara untuk memastikan bahwa informasi baru dapat dipahami oleh semua siswa dalam komunitas kelas yang beragam. Guru juga harus bisa mengembangkan produk pembelajaran dan alat penilaian yang memungkinkan semua siswa untuk belajar secara efektif di kelas dengan kemampuan yang beragam. Yang tidak kalah penting adalah seorang guru harus bisa meyakinkan bahwa setiap murid di kelas akan selalu mendapat dukungan selama proses berlangsung. Maka, adalah hal yang penting seorang guru untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung komunitas belajar yang berdiferensiasi.
2. Sebutkan tantangan-tantangan yang Anda hadapi dalam proses pembelajaran di kelas yang disebabkan oleh keragaman murid-murid Anda tersebut? Tindakan-tindakan apa yang telah Anda lakukan untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut?
Dalam kelas yang beragam tentu banyak sekali tantangan yang akan dihadapi oleh guru, diantaranya:
a. Tingkat kesiapan belajar murid yang berbeda. Kemampuan awal murid yang berbeda-beda dalam menerima materi berpengaruh pada proses pembelajaran berlangsung sehingga akan berpengaruh pula pada tingkat konsentrasi siswa saat menerima materi dalam proses pembelajaran. Menjadi tantangan bagi guru untuk bisa menyajikan pembelajaran yang mampu menuntun murid untuk mencapai kompetensi yang diharapkan.
b. Perilaku siswa yang beragam. Setiap murid memiliki karakteristik masing-masing dalam belajar, maka guru seharusnya mampu mengenali karakteristik seriap muridnya sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan materi dapat terserap dengan sempurna oleh masing-masing murid.