Mohon tunggu...
Choirunnisa
Choirunnisa Mohon Tunggu... Lainnya - Choirunnisa

Choirunnisa, Kuliah di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Jurusan Pendidikan Sosiologi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kurangnya Fasilitas Pendidikan di Sekolah Ditinjau dari Perspektif Sosiologi

9 April 2020   12:35 Diperbarui: 15 Juni 2021   08:57 6029
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kurangnya Fasilitas Pendidikan di Sekolah Ditinjau dari Perspektif Sosiologi. | Kompas

Tema : Masalah pendidikan disekolah
Nama: Mila Aprilla
Nim: 2290190063
Jurusan: Pendidikan Sosiologi

Sekolah sebagai bentuk organisasi yang mana diartikan sebagai wadah dari kumpulan manusia yang bekerja sama untuk mencapai sebuah tujuan tertentu yakni tujuan pendidikan. Keberhasilan program pendidikan dalam proses belajar mengajar sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu siswa, kurikulum, tenaga pendidikan, dana, prasarana dan sarana dan juga faktor lingkungan lainnya. Apabila faktor tersebut terlaksana dengan baik maka pendidikan yang ada dinegara kita ini akan berjalan dengan baik .

Salah satu faktor yang mendukung keberhasilan program pendidikan dalam proses pembelajaran yaitu sarana dan prasarana tentunya hal ini sangat penting apabila disekolah-sekolah sarana dan prasarana masih saja belum berjalan dengan hal ini akan mempengaruhi proses belajar mengajar pendidik. 

Sarana dan prasarana sangat perlu dan bagian terpenting untuk menunjang keterampilan siswa agar siap bersaing terhadap pesatnya teknologi dan sarana prasarana merupakan hal yang bagian terpenting yang mana perlu disiapkan secara cermat dan berkesinambungan sehingga dapat dijamin selalu terjadi KBM yang lancar. 

Baca juga: Problematika Pemerataan Fasilitas Pendidikan di Indonesia

Fasilitas sekolah yang memang benar-benar kurang memadai ini biasa terjadi atau dialami didaerah-daerah terpencil yang mana pemerintah kurang memperhatikannya dalam pendidikan yang berada didaerah terpencil, mungkin pendidikan yang berada dikota-kota fasilitasnya sudah terpenuhi. 

Hal itu tentu pas bagi sekolah-sekolah yang berada dikota yang mana fasilitasnya terpenuhi seperti ruang kelas yang layak pakai, gedung-gedung sekolah, perpustakaan, labolatorium, kantin, tempat beribadah dan masih banyak yang lainnya yang dimana tentunya poin-poin tadi tidak menjadi masalah bagi sekolah-sekolah yang berada dikota-kota tentunya pasti tercukupi dengan baik.

Baca juga: Kesenjangan Pendidikan: Masih Banyak Daerah Minim Fasilitas Pendidikan

Bagaimana dengan pendidikan yang berada didaerah terpencil yang mana fasilitasnya pun masih belum selayak yang tersedia dikota-kota dan bagaimana mutu pendidikan di Indonesia ini akan meningkat sedangkan pemerintahnya pun masih kurang kurang memperhatikan fasilitas baik sarana maupun prasarana disekolah-sekolah yang berada didaerah terpencil ini yang jauh dari kota.

Contonya Sekolah Dasar yang berada didesa saya yang mana sekolah tersebut benar-benar memprihatinkan menurut saya bisa dilihat dari segi bangunan sekolah yang sudah rapuh, meja sekolah, dan lainnya bahkan orang tua wali murid harus membawa meja sendiri untuk anaknya yang duduk dibangku sekolah dasar ini yang seharusnya tidak seharusnya dilakukan oleh orangtua murid karena melihat fasilitas disekolah tersebut yang memang benar-benar memprihatinkan dan demi anaknya yang belajar disekolah untuk masa depannya, dimana peran pemerintah ini yang masih kurang melihat pendidikan yang ada didaerah terpencil ini.

Baca juga: Pentingnya Perbaikan Fasilitas Pendidikan Indonesia

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun