Mohon tunggu...
Icca Nur Annisa
Icca Nur Annisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategi Ketangkasan Organisasi Salad Nyoo dalam Menghadapi Persaingan Sesama Penjual Salad Buah

26 Maret 2024   04:40 Diperbarui: 26 Maret 2024   04:42 145
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Salad Nyoo adalah brand dessert lokal yang memfokuskan diri untuk menyajikan berbagai varian makanan dan minuman dengan buah sebagai bahan utamanya.  Dengan komitmen menjadi salad buah pertama dan terbesar di Indonesia, saat ini Salad Nyoo telah memiliki 29 store yang tersebar di berbagai kota, seperti Yogyakarta, Klaten, Solo, Salatiga, Semarang, Jakarta, serta Bekasi dan akan terus berekspansi ke kota lainnya.

Di era yang serba instan sekarang ini, membuat masyarakat sadar akan pentingnya pola hidup sehat, terutama dalam perubahan pola makan. Salad adalah makanan alternatif yang menyehatkan. Saat ini banyak merek salad yang bermunculan di Yogyakarta yang dianggap sebagai pesaing dari Salad Nyoo. Hal ini mengharuskan UMKM Salad Nyoo untuk terus berkreatifitas agar tidak kalah dengan pesaing- pesaing baru. Tantangan utama yang dihadapi Salad Nyoo adalah bagaimana membangun dan mempertahankan usaha yang sehat dalam lingkungan usaha yang saat ini cepat berubah. Selain itu, globalisasi juga telah menjadi aspek yang memberikan pengaruh besar terhadap perubahan sosial. Pengaruh tersebut mengubah arah gerak manusia diberbagai sektor kehidupan mulai dari bidang ekonomi, sosial, budaya dan teknologi.

Beberapa strategi ketangkasan organisasi yang dapat digunakan oleh Salad Nyoo dalam menghadapi persaingan antara pengusaha salad buah yaitu dengan melakukan inovasi porduk, dimana Salad Nyoo bisa mengembangkan variasi menu salad buah dengan menciptakan kombinasi yang unik dan menarik untuk menarik perhatian konsumen. Kemudian selalu menjaga kualitas produk, kualitas bahan baku dan proses pembuatan salad buah untuk memastikan konsistensi rasa dan tekstur yang baik, sehingga konsumen merasa puas dengan produk mereka.

Selanjutnya yaitu selalu memberikan pelayanan yang ramah, cepat, dan efisien kepada pelanggan untuk menciptakan pengalaman positif yang meningkatkan loyalitas pelanggan. Selain itu Salad Nyoo bisa menggunakan strategi pemasaran kreatif seperti sosial media, promosi, dan kolaborasi dengan influencer atau komunitas lokal untuk meningkatkan kesadaran merek dan menarik lebih banyak pelanggan.
Kemudian Salad Nyoo juga haru hisa responsif terhadap perubahan pasar dimana harus hisa mengikuti tren dan perubahan selera konsumen untuk dapat menyesuaikan produk dan strategi mereka secara cepat dan tepat waktu.  Dengan menerapkan strategi-strategi ini secara efektif, maka Salad Nyoo dapat tetap bersaing dan memenangkan persaingan antar sesama pengusaha salad buah yang kompetitif.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun