Mohon tunggu...
baiq anisa fariha ali
baiq anisa fariha ali Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

memasak

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengoptimalkan Potensi Anak: Peran Lingkungan sebagai Pengganda (Teori Holland dan Gadamer)

19 November 2024   18:20 Diperbarui: 19 November 2024   18:21 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Mataram - Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa anak-anak yang tumbuh di lingkungan yang berbeda cenderung memiliki minat dan bakat yang berbeda pula? Jawabannya mungkin lebih kompleks dari yang kita kira. Teori Holland dan Gadamer, dua pendekatan yang berbeda namun saling melengkapi, menawarkan wawasan yang mendalam tentang bagaimana lingkungan berinteraksi dengan faktor internal anak untuk membentuk kepribadian dan potensi mereka.

Teori Holland: Membingkai Minat dan Karir

John Holland, seorang psikolog terkenal, mengembangkan teori yang mengklasifikasikan minat dan kepribadian seseorang ke dalam enam tipe: realistis, investigatif, artistik, sosial, enterprising, dan konvensional. Menurut Holland, orang cenderung mencari lingkungan yang sesuai dengan tipe kepribadian mereka. Misalnya, seseorang dengan tipe realistis cenderung tertarik pada aktivitas yang bersifat konkret dan nyata, seperti mekanik atau konstruksi.

Teori Holland memberikan kerangka kerja yang berguna untuk memahami bagaimana minat dan bakat anak terbentuk sejak dini. Namun, teori ini tidak sepenuhnya menjelaskan bagaimana faktor lingkungan mempengaruhi perkembangan kepribadian.

Teori Gadamer: Interpretasi dan Makna

Hans-Georg Gadamer, seorang filsuf Jerman, dikenal dengan teorinya tentang hermeneutika, yaitu studi tentang interpretasi. Gadamer berpendapat bahwa pemahaman kita terhadap dunia selalu dipengaruhi oleh latar belakang, pengalaman, dan prasangka kita. Dengan kata lain, kita tidak hanya menerima informasi, tetapi juga menginterpretasikannya berdasarkan kerangka berpikir yang telah kita miliki.

Dalam konteks perkembangan anak, teori Gadamer menyoroti pentingnya lingkungan dalam membentuk cara anak menafsirkan dunia. Lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat secara keseluruhan memberikan "teks" yang harus ditafsirkan oleh anak. Cara anak menafsirkan "teks" ini akan membentuk pandangan dunia mereka dan pada akhirnya, kepribadian mereka.

Lingkungan sebagai Pengganda Potensi

Menggabungkan kedua teori di atas, kita dapat melihat bagaimana lingkungan berperan sebagai "pengganda" potensi anak. Lingkungan yang kaya akan stimulasi dan kesempatan dapat membantu anak mengembangkan minat dan bakat mereka. Misalnya, anak dengan tipe kepribadian artistik yang tumbuh di lingkungan yang mendukung kreativitas, seperti rumah dengan banyak alat musik atau perlengkapan seni, akan lebih cenderung mengembangkan potensi artistiknya.

Selain itu, lingkungan juga dapat mempengaruhi cara anak menafsirkan dirinya sendiri dan dunia di sekitarnya. Anak yang sering diberi pujian dan dukungan positif akan cenderung memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan merasa mampu mencapai tujuannya. Sebaliknya, anak yang sering dikritik atau diabaikan mungkin akan mengembangkan rasa rendah diri dan merasa tidak mampu.

Implikasi bagi Pendidikan dan Pengasuhan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun