[caption id="attachment_362243" align="aligncenter" width="560" caption="Sumber : Google Earth, diolah"][/caption]
Sungguh perjuangan bersama yang patut dibanggakan kita semua, segenap pihak saling dukung dan  memberikan informasi berusaha mencari Air Asia QZ 8501 yang hilang kontak.  Segenap pihak saling dukung yaitu : pemerintah dengan segala unsurnya termasuk Departmen Perhubungan, Basarnas, dan TNI, serta masyarakat secara sukarela termasuk nelayan, pihak Air Asia, negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Australia dan dukungan negara lain yang menyusul, serta pihak lain yang tidak bisa disebutkan satu per satu.
Sampai tulisan ini dibuat belum diketemukan bukti jejak yang bisa menjadi acuan nasib pesawat tersebut. Mudah-mudahan segera diketemukan dan mari berdoa untuk segera diketemukan.
Tulisan ini adalah opini pribadi penulis perihal kemungkinan posisi QZ8501 secara matematis. Opini ini bisa tidak menjadi referensi namun bisa jadi masukan untuk dipertimbangkan dalam proses mencari posisi lokasi pesawat. Mudah-mudahan membantu dengan pertimbangan lain dari pihak penyelamat yang lebih akurat :
- Pesawat berangkat dari Bandara Juanda pukul 5.36 WIB dan tinggal sinyal pada 6.17 WIB atau tetap terpantau radar dan berkomunikasi selama waktu 41 menit.
- Pesawat diperkirakan menurut jadwal pukul 5 .20 WIB dan sampai di Singapura pukul 8.20 WIB, jika 8.20 WIB dikurangi dengan perkiraan mulai terbang 5.36 WIB waktu terbang menempuh jarak Surabaya - Singapura selama waktu 94 menit.
- Secara kasar jarak penerbangan pesawat QZ 8501 adalah 41 menit / 94 menit atau 43,6%.
- Jika ditarik lurus antara Surabaya dan Singapura maka perkiraan kasar adalah di tanda panah pada gambar yang penulis coba reka-reka dengan google earth.
- Berdasarkan press release yang bisa diacu dari berbagai media koordinat yang masih bisa terpantau adalah 03.36.31 Lintang Selatan dan 109.41.46 Bujur Timur, atau dalam gambar tersebut dipin dengan warna kuning.
- Jika dibuat lingkaran pergerakan pesawat dari koordinat terakhir yang menandakan kemungkinan pergerakan pesawat (lingkaran bisa diperluas kembali), adalah lingkaran pencarian yang memungkinkan. Lingkaran dipergunakan lebih baik dari kotak karena titik kuning tersebut adalah titik awal untuk mencari. Besarnya diameter adalah pertimbangan kita dalam memperkirakan waktu berapa lama pesawat bergerak karena menghindari sesuatu atau pilot ingin menyelamatkan pesawat.
- Berdasarkan berita sang pilot adalah lulusan terbaik pesawat tempur dan bahkan pernah menjadi instruktur untuk calon pilot dan mempunyai jam terbang tinggi. Ada 2 atau lebih kemungkinan pergerakan pesawat yaitu menghindari sesuatu seperti cuaca atau sang pilot berusaha menyelamatkan pesawat. Cerita sebenarnya mudah-mudahan kita segera ketahui jika diketemukan pesawatnya. Mari saling dukung dengan doa.
[caption id="attachment_362244" align="aligncenter" width="444" caption="sumber : Google Search dan diolah"]
Demikian tulisan ini dibuat, semoga jadi info tambahan dalam mencari Air Asia QZ8501. Semoga cepat ketemu dan teriring doa untuk semuanya crew, penumpang, keluarga penumpang, pihak penyelamat agar segera mendapatkan titik terang.
Salam.
Sumber : media elektronik seperti detik, kompas, wikipedia dan lain-lain.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H