Mohon tunggu...
Ibnu Fajar
Ibnu Fajar Mohon Tunggu... pegawai negeri -

Seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan Blog http://ibnufajar75.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Internet sebagai Sumber Referensi KTI

3 September 2013   21:26 Diperbarui: 24 Juni 2015   08:24 319
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pada kesempatan postingan kali ini saya menyampaikan hasil materi tentang internet dalam diklat online dari P4TK Matematika. Kali ini saya benar-benar merasakan akan manfaat internet yang sesungguhnya setelah saya mendownload materi yang berjudul "Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Referensi Karya Tulis Ilmiah". Pola pikir saya menjadi terbuka, di mana selama ini internet hanya saya gunakan untuk berkomunikasi melalui sosial media dan menulis blog pribadi saya.

Ternyata dalam browsing internetpun ada caranya sehingga informasi yang kita cari sesuai dengan keinginan apalagi jika informasi tersebut akan digunakan sebagai sebuah karya tulis ilmiah. Karena sumber informasi di internet tidak semuanya sesuai dan ada beberapa kriteria apakah suatu informasi itu layak atau tidak. Kriteria tersebut adalah :


  1. Otoritas (Authority). Secara teknis, otoritas pemublikasi dapat dilihat dari situs webnya. Di Internet terdapat pengaturan nama web. Sebagai contoh untuk nama web komersil biasanya memakai akhiran .com, untuk organisasi memiliki akhiran .org. Untuk kalangan akademis biasanya website memiliki akhiran .edu (tingkat global) atau .ac.id (untuk lembaga pendidikan di Indonesia).
  2. Akurasi (Accuracy). Pengecekan akurasi juga dapat dilakukan dengan melihat latar belakang lembaga atau orang yang berada di balik informasi bersangkutan, apakah memiliki kepentingan tertentu atau tidak.
  3. Objektifitas (Objectivity). Kita dapat melacak rekam jejak penulis dari karya yang pernah dipublikasikan apakah pandangannya selama ini cukup objektif.
  4. Kekinian (Currency). Perlu diperhatikan juga bahwa selain waktu publikasi informasi harus diperhatikan juga waktu dari kejadiannya.
  5. Cakupan (Coverage). Secara umum kita dapat mengevaluasi cakupan informasi tersebut dari pertanyaan 5W1H (who, what, when, where, why and how).


Selain informasi diatas dalam materi internet ini kami peserta diklat mendapat dua tugas yaitu :


  1. Tugas 1 : mencari naskah karya ilmiah yang sesuai dengan naskah KTI yang akan dibuat. Adapun topik dari KTI yang akan buat adalah "Pembelajaran Matematika Menggunakan Mobile Learning"
  2. Tugas 2 : Publikasi video dengan screencast adapun video saya berjudul" Membuat Media Pembelajaran Menggambar Grafik Fungsi Kuadrat" yang sudah pernah saya posting di kompasiana.Moga-moga saja saya nanti dapat membuat video berikutnya.


Mudah-mudahan materi yang sudah saya peroleh mengenai internet ini bermanfaat dan dapat saya pergunakan untuk mengembangkan kompetensi saya sebagai pendidik. Amin....

Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun