Ibnu Ansar

Semoga Bukan Perjalanan Terakhir Kita

13 Juni 2016   22:24 Diperbarui: 13 Juni 2016   22:35 23
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Dipagi yang dingin,subuh lebih tepatnya.waktu dijam dinding masih menunjukan pukul 4 pagi.saya sudah terbangun dari tempat tidur saya.iya hari ini adalah hari dimana saya dan teman-teman untuk melaksanakan kuliah umum di Bontang.tentunya saya tidak mau terlambat dan kemudian ditinggal oleh bis yang akan saya tumpangi nanti.kami semua sudah berjanji untuk berkumpul dikampus pukul setengah 5.tapi apa mau dikata,namanya juga mahasiswa,jamnya terbuat dari karet semua.subuh itu kota kami sedang dilanda hujan,mau tidak mau air pada saat itu lagi dingin-dinginnya.saya pun bergegas untuk mandi.pukul setengah 5 saya sudah siap untuk berangkat,tidak lupa obat mabuk 1 renteng,ya saya orangnya memang pemabuk,naik angkot aja mabuk apalagi naik bis,bisa-bisa isi dalam perut keluar semua hhe.

Hujan waktu itu tidak terlalu deras,tapi cukuplah untuk membuat tubuh ini menggigil.benar apa kata saya,padahal waktu sudah menuntukan pukul 5 tetapi masih ada saja teman-teman yang terlambat,namanya juga mahasiswa hehe.pukul setengah 6 kami siap berangkat,ada 5 bis yang membawa kami kebontang,iya yang hadir tidak cuma puluhan tapi ratusan,tidak lupa sebelum berangkat saya meminum obat anti mabuk,supaya aman selama perjalanan.saya berada di bis 2 bersama teman-teman yang lain yang juga ada pula dari kelas lain.saya sangat menikmati perjalanan yang ada,sambil menikmati pemandangan dikiri kanan yang kami lewati,tidak pula saya sekali-sekali memejamkan mata untuk sekedar memanjakan mata ini yang mungkin juga sedikit mengantuk.tak terasa 3 jam berlalu,sekitar pukul 10 bis kami sudah sampai dibontang,ya memang bis kami ini dikendarai oleh mantan pembalap F1,kalo dibilang menang mana antara alonso kalo balapan sama supir kami,mungkin supir kami yang menang.jadi,bis kami adalah bis pertama yang sampai dibontang.ternyata,kota bontang pun diguyur hujan.terpaksa kami hanya bisa berteduh didalam bus sambil menunggu kedatangan bis lainnya.

Akhirnya selam beberapa waktu berlalu,bis lainnya pun datang.ohiya tujuan Kami kebontang adalah ingin melaksanakan kuliah umum di 2 tempat sekaligus,yakni di PT.BADAK LNG BONTNG dan juga melihat perkembangan dari koperasi PUPUK KALTIM yang berada dibontang.pertama-tama kami mengunjungi PT.BADAK LNG BONTANG.perusahaan yang sangat luar biasa menurut saya,baru kali ini saya masuk kesebuah perusaahaan sebesar LNG ini.

Baru datang,kami sudah harus melaksanakan kuliah umum,karena waktu yang kami punya hanya sedikit.banyak pelajaran yang kami terima,terkait perkembangan PT LNG dalam mengatur gas alam dibumi tercinta ini.dari pencerahan yang saya dapat,PT BADAK LNG merupakan perusahan negara yang juga sahamnya dipegang paling banyak oleh Pertamina dan juga sebagai perusahaan migas terbesar ke 4 di dunia,hebat sekali.pencapaian lainnya adalah PT BADAK LNG sudah melaksanakan 80 juta jam kerja aman disetiap aktivitasnya,ini juga karena didukung oleh tenaga-tenaga ahli dibidangnya wajar kalo PT BADAK LNG berkembang pesat hingga sekarang.setelah mendapatkan sedikit kuliah umum kamipun berkesempatan untuk mengelilingi PT yang sangat besar ini.dan apa saya bilang baru kali ini saya berkunjung kesebuah perusahaan yang seluruhnya dilewati oleh pipa-pipa yang sangat besar untuk menyalurkan gasnya.gila,besar banget gak kebayang saya gimana bangunnya ini perusahaan.kami semua terpana,tidak terkecuali saya,pokoknya udah kaya anak kecil yang baru liat mainan baru hhe.

Hujan pun tak kunjung reda,tapi sudah harus bergegas untuk perjalanan selanjutnya,setelah lama berkeliling kamipun diberi hidangan makan siang,untunglah perusahaan ini pengertian,karena perut kami juga sudah mulai lapar karena tak satupun nasi masuk keperut kami sejak tadi pagi.tak lupa pula kami berfoto foto ria sekedar untuk kenang -kenangan bagi kami karena telah berkunjung keperusahaan besar ini.

waktu cepat berlalu,kamipun harus segera bergegas ke tempat lainnya,yakni salah satu koperasi terbesar dibontang yang awalnya hanya mempunyai modal 4 ribu saja dan kini sudah bisa mencapai ratusan milyar,sungguh luar biasa,bagaimana seluruh karyawan yang terlibat bisa memajukan koperasi ini,sesuatu yang dapat dicontoh.

mata kami sudah cukup lelah,tak jarang sekali-sekali ada saja saya melihat teman saya tertidur dikursinya,sungguh kasihan,jauh-jauh kebontang cuma buat tidur hehe.waktu sudah menunjukan pukul 3 sore,dan untuk menutup perjalanan kami ke Bontang,kami berkesempatan untuk berkunjung ke salah satu tempat wisata dikota ini,yakni BONTANG KOALA.disini akhir perjalanan kami,bersama-sama kami menikmti angin sepoi-sepoi yang ada dilaut inah ini.tak jarang sekali-sekali kami mengambil moment -moment penting untuk sekedar berfoto.kami habiskan penat disini,walaupun saat itu udara cukup panas dan juga hujan tak lagi mengguyur kota ini,kami tetap bersemangat menghabiskan waktu disore yang terik itu.

tak terasa waktu cepat berlalu,waktu sudah menunjukan pukul 5 sore,kamipun bersiap untuk kembali kekota tercinta,sebelum berangkat kamipun makan lagi untuk sekear mengisi perut ini kembali,dan setelah itu kamipun bersiap pulang.ternyata perjalanan kami tak semulus diawal tadi,bis nomor 4 selalu saja mengalami kerusakan,entah karena apa,yang jelas ini bukan karena lemper,tapi karena apes.tak jarang kami mendorong bis tersebut yang dikarenakan mogok.yaa ternyata penderitaan belum berakhir.tetapi mungkin disinilah kesan-kesan yang kami dapatkan,tak pandang siapa tak pandang kelas mana,kami sama-sama bergotong royong berusaha agar bis tersebut dapat digunakan kembali.alhamdulillah bis tersebut akhirnya mengerti apa mau kami,disaat kami semua lelah,semua bis tersebut dapat mengantar kami semua dengan selamat hingga kekota tercinta ini,semoga ini bukan perjalaan terakhir kita,dan saya berharap bisa bertemu kalian dan bersenang-senang kembali dikesempatan lainnya,terimakasih untuk perjalanannya,kalian luar biasa!