Mohon tunggu...
Ibnu Muslim.
Ibnu Muslim. Mohon Tunggu... Guru - Kepala keluarga

Kepala sekolah

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

PBM Pakai Gadget dan Toshiba Androidtv

9 September 2024   10:55 Diperbarui: 9 September 2024   12:00 41
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Peserta Didik SMAS PGRI BANTIMURUNG yang terlambat tetap bisa mengulangi pelajarannya pakai HP dan Toshiba Androidtv (sumber : Dokpri) 

Datang terlambat ke sekolah pada beberapa peserta didik SMAS PGRI BANTIMURUNG, biasa memang terjadi. Karena ada kalanya mereka bekerja membantu orang tuanya mencari nafkah. Bagaimana caranya agar mereka tetap mendapatkan haknya untuk bisa belajar. Cara yang digunakan adalah menggunakan Gadget dan Toshiba Androidtv. Hari ini ada guru tak bisa hadir karena sedang ikut ujian PPG. Agar peserta didik tetap mendapat haknya maka perlu ada guru pengganti. Guru yang masih berhalangan hadir adalah guru Ekonomi.

Sesuai silabus yang telah dibuat materi yang perlu diberikan adalah konsep dasar akuntansi. Maka dengan menggunakan Toshiba Androidtv saya klik youtube, lalu pilih atau ketik konsep dasar akuntansi. Setelah itu kita dengarkan bersama penjelasan tentang konsep dasar akuntansi. Setelah mendengarkan bersama tayangan youtube, lalu saya beri tugas untuk masing-masing membuat lima pertanyaan yang berkaitan dengan materi tersebut.

Pertanyaan disampaikan kepada rekan sebelah kanannya, demikian seterusnya. Jawaban atas pertanyaan dan soalnya disempaikan ke WA saya. Selanjutnya saya beri nilai karya mereka. 

Nilai saya share ke grup kelas dan grup WA orangtuanya. Lalu bagaimana peserta didik yang tidak sempat ke sekolah dan atau terlambat. Mereka saya beri link youtubenya dan saya beri tugas. Setelah mengirim jawabannya baru saya beri nilai. Nilainya juga dishare digrup WA kelas dan orangtua.

Pembelajaran seperti ini tampaknya lebih cocok buat anak didik saya, yang kadang ada yang terlambat dan atau tidak sempat ke sekolah. Perlu juga diselingi, diputarkan lagu kesenangannnya. Atau mereka putar sendiri, namun tetap saya dampingi. Bagaimana pendapat Anda ? Salam literasi (IM)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun