Mohon tunggu...
Ibii Ibi
Ibii Ibi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Riska Debi - 182310101177 - Kelompok 25 KKN BTV III

halloo saya ibi mahasiswa keperawatan universitas jember sedang menempuh kuliah di semester 7

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Mahasiswa KKN BTV III UNEJ Memanfaatkan Metode Digital Marketing untuk UMKM

3 September 2021   16:06 Diperbarui: 3 September 2021   16:09 161
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

MAHASISWA KKN BTV III UNEJ MEMANFAATKAN METODE DIGITAL MARKETING UNTUK MENGEMBANGKAN UMKM YANG ADA DI DESA ARJASA KABUPATEN JEMBER

Desa Arjasa merupakan salah satu desa yang berada di wilayah kecamatan arjasa kabupaten Jember. Kecamatan arjasa sendiri memiliki 6 desa yaitu : Arjasa, Biting, Candijati, Darsono, Kamal, Kemuning Lor. Lokasi desa arjasa sendiri tidak terlalu jauh dari pusat kota jember. Penduduk di desa arjasa ini rata-rata bersuku pandalungan yang artinya memiliki gabungan antara suku jawa dan juga suku Madura. Mata pencaharian penduduk di desa arjasa ini sangat beragam seperti pegawai swasta, pegawai negri, pedagang, dan wirausaha. Wirausaha sendiri yang dilakukan oleh masyarakat desa arjasa juga sangat beragam seperti salah satunya yaitu wirausaha di bidang kuliner contohnya seperti wirausaha yang saya jadikan sasaran yaitu kripik singkong, adapun wirausaha kuliner yang lain sepereti kripik pisang, tape dan semacamnya, dengan berkembangnya jaman sangat banyak sekali perbuhaan yang menyebabkan beberapa usaha tidak dapat bertahan dikarenakan persaingan ataupun produk yang dihasilkan tidak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh masyarakat luas, tidak hanya itu kasus pandemi covid-19 yang saat ini masih terus berlanjut membuat sebagian besar pelaku usaha mengalami penurunan ekonomi yang cukup signifikan. Lemahnya edukasi dan sumber daya manusia dalam mengelola usaha untuk beradaptasi di era Covid-19 ini menjadi salah satu faktor penurunan ekonomi masyarakat. Hal ini semakin diperparah dengan adanya kebijakan yang berlaku seperti PPKM dan pembatasan aktivitas masyarakat sehingga para pelaku usaha juga ikut merasakan kerugian dan pendapatn yang lebih kecil dari biasanya. Mau tidak mau egiatan produksi, pemasaran, hingga penjualan yang biasanya dilakukan secara bersamaan harus dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan hingga pembatasan pekerja dalam satu tempat. Oleh karena itu penggunaan metode dan inovasi yang baik dapat berpengaruh terhadap keberlangsungan usaha yang ada.

Perkembangan teknologi pada saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Informasi-informasi berjalan dengan sangat cepat dan banyak orang dengan mudah mencari informasi apapun yang ingin mereka cari, Hal ini bisa kita jadikan sebagai peluang yang sangat baik untuk memperkenalkan produk yang ingin kita jual secara luas dan cepat. Penggunaan digital marketing seperti penggunaan media sosial memiliki banyak sekali manfaat yang bisa kita  dapat. Salah satu contoh dari penggunaannya yaitu dapat digunakan untuk media penjualan, promosi, dan juga dapat menjadi wadah untuk mencari inovasi inovasi terbaru dengan berkembangnya jaman.

Untuk itu, saya sendiri selaku peserta KKN Back to Village ingin membantu pelaku bisnis usaha keripik singkong yang ada di desa arjasa untuk melakukan pemasaran dan penjualan produk yang lebih luas. Adapaun program kerja yang nantinya akan mengajarkan bagaimana cara pemasaran secara digital dan mengikuti jaman terkini melalui media whatsapp, Instagram , go food. Melalui beberapa program kerja tersebut diharapkan usaha masyarakat UMKM keripik singkong ini dapat bekerja dengan maksimal walau hanya di rumah saja. Nantinya saya sendiri  juga akan mengusulkan beberapa inovasi produk seperti menambahkan berbagai macam rasa pada keripik singkong dengan harapan agar produk yang dijual lebih bervariasi dan menarikk minat masyarakat.

Tentunya untuk membantu pelaksanaan KKN back to Village Mandiri yang akan dilaksanakan pada tanggal 11 Agustus 10 september 2021 agar terlaksana dengan baik, maka saya selaku peserta perlu mempersiapkan dengan matang program kerja yang akan dilakukan, untuk minggu kedua saya akan melakukan Pelatihan dan pembuatan variasi baru seperti rasa-rasa,  Untuk minggu ketiga saya akan membimbing dan mengajarkan bagaimana cara Pemotretan atau pengambilan gambar yang menraik dan pembuatan video yang nantinya untuk promosi di media sosial dan melakukan pelatihan bagaimana cara pembuatan dan penggunaan media sosial seperti whatsapp instagram dan marketplace. Pada minggu terakhir atau minggu ke empat saya akan membantu membimbing pelaku usaha dalam melakukan promosi sekaligus penjualan produk dan memberi pelatihan dan bagaimana cara berjualan menggunakan media online, dan juga memberikan edukasi kepada masyarakat dan pelaku usaha. Rencana atau program kerja tersebut akan berjalan dengan baik apabila mahasiwa kkn dan pelaku usaha dapat menciptakan hubungan kerjasama yang baik, dan apabila semua program kerja sudah dilakukan dengan baik diharapkan cara-cara yang sudah diberikan tersebut selanjutnya dapat dikembangkan oleh pemilik usaha serta laporan akhir. Diharapkan inovasi pemasaran melalui media sosial ini mampu meningkatkan perekonomian pelaku UMKM keripik singkong yang ada di Desa Arjasa, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember. (Riska Debi/ KKN BTV 3 UNEJ/ Kelompok 25/Yudha Alif Auliya S.Kom, M.Kom.)

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun