Penelitian ini bertujuan untuk memahami implementasi pendidikan wanita dalam konteks keluarga melalui perspektif kedua orang tua. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara mendalam, data dikumpulkan dari ibu dan ayah dari beberapa keluarga. Hasil wawancara menunjukkan bahwa wanita (ibu) memainkan peran sentral dalam pendidikan keluarga. Mereka terlibat aktif dalam proses pembelajaran anak, menerapkan pola asuh yang sesuai, serta menjadi teladan dan motivator bagi anak-anak. Namun, implementasi pendidikan wanita di keluarga juga dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti latar belakang pendidikan, dukungan suami, dan kondisi sosial-ekonomi keluarga. Temuan penelitian ini dapat berkontribusi pada pengembangan kebijakan dan program yang mendukung peran wanita dalam pendidikan keluarga. Penelitian ini menekankan pentingnya memahami dinamika dan kompleksitas peran wanita sebagai pendidik utama di lingkungan keluarga.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H