Universitas  Islam  "45"  Bekasi  sebagai  perguruan  tinggi  terbesar  di wilayah  Bekasi  mempunyai  keduduk-an  yang  amat  strategis  dalam  menen-tukan  sumber  daya  manusia yang dicita-citakan  bangsa  ini.  Hal  ini  tentu  saja  berkait  erat dengan  semangat pendirianya melalui yayasan  Pendidikan Islam "45".
Angka empat lima pada nama yayasan dimaksudkan bahwa  visi  dan misi  dari  semangat pejuang  angkatan  tahun  1945  terus menggeolora  pada  generasi  mendatang. Didirikan sejak tahun 1982 hingga saat  ini  tentusaja  perkembangan  per-guruan tinggi ini semakin maju. UNISMA  kini  memiliki  kurang  lebih 200  orang  tenaga  pengajar  dengan kualifikasi  Guru  Besar,  Doktor,  dan Master.
Menelisik  dari  perkembangan  dan potensi  yang  dimiliki  Universitas  Is-lam "45" ini maka menggagas untuk menjadikan  UNISMA  sebagai Centre of  Knowledge  Management  System guna  meningkatkan  peran  strategis-nya  menjadi  sangat  penting  dipertimbangkan.Â
Pusat   Sistem   Manajemen   Penge-tahuanA.Manajemen PengetahuanDefinisi  dari  manajemen  pengetahuan  terus  berkembang,  salah  satu diantaranya  adalah  mengenai  teori, tool,  dan  metodolologi  yang  membantu  perorangan,  kelompok-kelompok,  dan  organisasi-organisasi   dalam mengelola  pengetahuan  yang  mereka miliki  serta  dapat  dimanfaatkan  da-lam   kehidupan   sehari-hari.
Jadi, sebuah   model   manajemen   penge-tahuan   pada   dasarnya   merupakan proses   sistematis   dari   penemuan, penciptaan, pemilihan, pengorgani-sasian,  penyaringan,  dan  penyajian dari  data,  informasi,  dan  pengetahuan dengan   cara   lebih   terpola   secara konprehensif  bagi  setiap  pengguna dalam   bidang   minat   ketertarikan tertentu.
Dalam The   Ensyclopedia   of Communication and Information menggambarkan   bahwa   tantangan dasar  dalam  manajemen  pengetahuan "sebagai"  belajar  bagaimana  meran-cang  strategi  organisasi,  struktur,  dan sistem   sehingga   organisasi   dapat menggunakan  apa  yang  ia  ketahui untuk   berinovasi   dan   beradaptasi. Sedangkan  dalam The  Ensyclopedia of  Library  and  Information  Science mendefinisikan   Ilmu   pengetahuan manajemen  sebagai  "praktek  manaje-men  yang  menggunakan  modal  in-telektual  organisasi  untuk  mencapai misi organisasi.
Firestone  and  McElroy  mendefinisikan Manajemen   Pengetahuan merupakan disiplin  manajemen yang bertujuan untuk meningkatkan processsseing pengetahuan organisasi.Dalam  kategori definisi mana-jemen pengetahuan, Dillon menemukan  bahwa mereka cenderung menekankan (1) laba  atas  investasi, (2) integrasi pengetahuan, (3) asetinfor-masiatau(4) tujuan manajemen pengetahuan.
Manajemen  pengetahuan  diperlukan   karena: pertama dalam   lingkungan  organisasi  memacu  meningkatkan  kompetisi  dalam  pasar  global, mengefisiensi   para   pekerja   yang kurang  memadai  dalam  pemanfaatan sumber  informasi,  dan  penyebaran informasi secara geografi atau globalisasi. Kedua,  untuk  memudahkan  pemanfaatan  kelebihan  dan  perkembangan teknologi  seperti internet, intelligent  agent. Ketiga,  menciptakan  informasi  lebih  berharga  menjadi pengetahuan  individual  baik  untuk kelompoknya  maupun  dalam  lingkup organisasinya.
Model Pengembangan Yang Ditawarkan
Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk pengembangan UNISMA sebagai pusat Sistem Knowledge Management dapat  dilihat  sebagai berikut:
1. Fase Mendobrak JalanÂ