Mohon tunggu...
ida asrotul
ida asrotul Mohon Tunggu... -

saya, hamba Alloh yang penuh dengan kekurangan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Seni dan Estetika

10 Januari 2011   13:30 Diperbarui: 26 Juni 2015   09:45 404
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Manusia adalah makhluk yang diciptakan dengan kelebihan yang tidak dimiliki oleh makhluk hidup lain, yaitu akal. Dengan akal, banyak hal dapat dilakukan dan diciptakan oleh manusia, salah satunya adalah seni. Seni merupakan salah satu hal yang sangat erat kaitannya dengan kehidupan manusia. Hal itu sesuai dengan pendapat Padmono "Seni adalah proses fundamental kemanusiaan" (Padmono, 2003:7).

Menurut Barret (dalam Padmono, 2003:8) seni memiliki beberapa syarat mendasar, yaitu elemen konsep, elemen operasional, dan elemen sintesis. Elemen konsep meliputi ide, gerak hati (impulse), dan perasaan. Elemen ini merupakan elemen yang pertama harus ada untuk mewujudkan suatu karya seni. Elemen kedua adalah elemen operasional yang meliputi media, materi, dan teknik. Elemen konsep tidak akan berarti apa-apa tanpa adanya elemen operasional. Elemen itulah yang akan memberikan bentuk seni secara konkret. Kemudian elemen yang ketiga adalah elemen sintesis. Elemen sintesis merupakan dinamika visualisasi bentuk atau wujud visual seni. Elemen sintesis dapat dikatakan juga dengan hasil dari pemikiran seni yang telah dibentuk oleh elemen operasional.

Seni selalu berhubungan dengan estetika karena seni adalah sesuatu yang indah. Sesuai dengan pengertiannya, estetika adalah ilmu (ajaran atau falsafat) tentang seni dan keindahan serta tanggapan manusia terhadapnya; kepekaan terhadap seni dan keindahan (KBBI, 2008:401). Estetika merupakan salah satu tolok ukur untuk menilai apakah sebuah seni itu dapat dikatakan bagus atau tidak.

Dalam estetika terdapat tiga aspek yang dapat digunakan untuk menilai sebuah karya seni: absolutisme, anarki, dan relativisme. Absolutisme merupakan penilaian sebuah karya seni yang mutlak, tidak dapat ditawar lagi. Penilaian ini didasarkan pada konvensi atau aturan yang telah ada. Kemudian, anarki adalah penilaian berdasarkan pendapat tiap-tiap orang. Penilaian ini bersifat subjektif dan tidak perlu adanya pertanggungjawaban. Namun, penilaian tersebut tetap didasarkan pada aturan seni yang berlaku. Terakhir, relativisme adalah penilaian seseorang yang tidak mutlak (absolut) dan masih bersifat objektif.

Seni dikatakan erat dengan kehidupan manusia karena seni memiliki peran di sana. Salah satu peran seni dapat kita lihat dalam pendidikan, khususnya pendidikan anak. Menggambar, membentuk, atau menyusun sesuatu akan merangsang daya pikir dan imajinasi anak-anak. Mereka dapat menuangkan pemikiran, imajinasi, bahkan perasaan mereka ke dalam sebuah karya seni, baik itu gambar, gerak, ataupun suara.

Dalam kehidupan anak, seni memiliki berbagai peran, beberapa di antaranya adalah sebagai pemenuhan kebutuhan, terapi, ungkapan atau ekspresi, dan sebagai media komunikasi. Seni ada sebagai akibat dari kebutuhan anak-anak untuk menyalurkan ide atau gagasan, bahkan imajinasi mereka. Di sini terdapat pula perannya sebagai ungkapan atau ekspresi dari apa yang mereka rasakan. Oleh karena keindahannya, tidak jarang seni dapat digunakan sebagai media untuk sejenak melupakan rutinitas yang membosankan atau hiburan ketika stres. Selain itu, seni juga dapat dijadikan sebagai media komunikasi sebab seni adalah hasil dari pengungkapan ekspresi dan perasaan.

Tahap perkembangan seni pada anak dibagai menjadi tiga kelompok berdasarkan wujud seni. Kelompok pertama adalah tahap-tahap perkembangan seni rupa anak, anak yang dimaksud di sini adalah anak SD. Dalam perkembangan seni rupa terdapat empat tahap. Tahap pertama adalah tahap scribbling yang terjadi pada anak usia empat tahun. Tahap ini diawali dengan pembentukan gambar yang tidak beraturan yang pada akhirnya kemudian menjadi sebuah gambar yang mewakili perasaan dan mempunyai makna baginya. Tahap selanjutnya adalah tahap preschematic atau prabagan, anak usia 4-7 tahun, yang menandai perkembangan gambar anak sampai tahap gambar geometri. Selanjutnya tahap schematic, 7-9 tahun, yaitu pencapaian konsep bentuk. Terakhir adalah tahap realis. Pada tahap ini, gambar lebih terperinci dan sudah dihubungkan dengan lingkungan sebenarnya.

Kelompok kedua adalah perkembangan gerak/tari. Tari merupakan salah satu bentuk seni yang menggabungkan antara gerak dan irama atau musik. Menurut Sugiyanto (1991) "[...] perkembangan gerak atau motor development anak merupakan suatu proses sejalan dengan bertambahnya usia, secara bertahap dan berkesinambungan meningkat dari keadaan sederhana yang tak terkoordinasi dan kurang terampil ke arah penampilan gerak yang kompleks dan terkoordinasi dengan baik, dan pada akhirnya penyesuaian keterampilan menyertai terjadinya proses menua" (dalam Padmono, 2003:20).

Fase kemampuan gerak anak menurut Gabbard (1987) dibagi sebagai berikut: 1. Pranatal-0,5 s.d. 1 tahun-merupakan fase reflexsive atau gerak refleks; 2. Masa pertumbuhan-1 s.d. 2 tahun-fase elementer atau gerak belum sempurna; 3. Fase fundamental gerakan dasar dan ketangkasan tanggapan-2 s.d. 7 tahun; 4. Fase spesifik yang merupakan masa perbaikan kemampuan dasar dan gerak sadar; 5. Masa remaja-usia 12 tahun-ditandai dengan adanya persaingan untuk mencapai tingkat aktivitas tertentu. (dalam Padmono, 2003: 20-21)

Kelompok terakhir adalah perkembangan musik. Dalam kelompok ini yang menjadi tolok ukur adalah interval. Pada usia 5-6 tahun, anak sudah mulai dapat mengerti interval nada, yaitu tentang panjang pendek nada atau tinggi rendah nada. Sementara itu, ketika anak sudah menginjak usia 7-9 tahun, dia sudah dapat menyanyikan lagu sederhana dan sudah mulai memiliki karakter.

Banyak hal bermanfaat yang dapat diambil dari seni untuk perkembangan anak. Seni, selain sebagai hiburan, dapat pula digunakan sebagai salah satu media untuk mengajari anak berbagai macam ilmu. Misalnya, ilmu matematika yang dapat kita temui dalam lagu "satu ditambah satu sama dengan dua, dst..." atau ilmu tentang bentuk yang bisa terlihat dalam lagu "topi saya bundar". Semua itu dapat digunakan sebagai alat untuk pengajaran. Seni merupakan sesuatu yang mengasyikan, belajar dengan seni merupakan salah satu cara untuk membuat kegiatan belajar mengajar anak-anak lebih efektif. Oleh karena banyaknya manfaat dan peran seni dalam pendidikan, maka sudah semestinya calon-calon guru atau guru, terutama guru SD, setidaknya mengerti dan mengetahui salah satu dari sekian banyak bidang seni.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun