Mohon tunggu...
I Ketut Yudha
I Ketut Yudha Mohon Tunggu... Lainnya - Ilmu Komunikasi UAJY

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UAJY

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Beberapa Tips Pengelolaan Konflik dalam Konteks Organisasi

10 Desember 2020   19:42 Diperbarui: 10 Desember 2020   19:59 134
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam kehidupan sehari-hari kita sebagai makhluk sosial pasti sering mengalami konflik dalam kehidupan bermasyarakat. Sebelumnya, konflik memiliki pengertian yaitu sebuah proses yang terjadi antara dua orang atau lebih yang dimana salah satu diantara mereka memiliki rasa ingin mengalahkan serta menyingkirkan orang lain. Bentuk-bentuk konflik juga bisa berupa konflik individual, konflik antar kelas, konflik rasial, konflik politik dan sebagainya. 

Namun kita sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan, semestinya harus menghindari dengan yang namanya konflik. Tetapi, ketika kita sudah dihadapkan dengan konflik entah dengan orang lain atau kelompok lain bukan berarti kita telah mengalami sebuah kekalahan, atau hilangnya hubungan serta kontak dengan pihak tersebut. Kita hanya memiliki perbedaan pendapat dengan pihak tersebut. Oleh karena itu kita harus hadapi dengan penuh sikap positif agar semua dapat berjalan dengan baik dan dapat menemukan solusinya. Disini saya akan memberikan beberapa tips tentang bagaiamana mengelola konflik khususnya dalam sebuah organisasi.

1. Mencari Titik Awal

Mencari akar penyebab konflik merupakan suatu hal yang tidak bisa dikatakan mudah. Oleh karena itu pahamilah konflik yang sedang dihadapi, lihatlah apakah ada yang salah yang menyebabkan konflik itu terjadi.

2. Efek

Tips yang berikutnya adalah dengan menyampaikan efek nyata yang ditimbulkan serta dihasilkan dari konflik pada diri anda.

3. Mendengarkan

Disisi lain kita juga perlu mendengarkan pandangan serta pendapat orang lain. Jika konflik itu sedang kita hadapi, kita perlu untuk mendengarkan masalah tersebut dan jangan bersikap egois ingin selalu benar dan tidak ingin mendengarkan pendapat atau pandangan orang lain.

4. Berusaha Memecahkan Masalah

Berusaha menjelaskan konflik yang sedang terjadi, dan masing-masing menyampaikan ide serta jalan keluar dalam menyelesaikan konflik tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun