Mohon tunggu...
I Made Samuel Raharja
I Made Samuel Raharja Mohon Tunggu... Wiraswasta - A Proud Father

Edukasi menjadi faktor yang sangat lekat dengan kebutuhan hidup dan selalu beradaptasi sesuai kebutuhan zaman sehingga penting untuk mengingat norma norma dasarnya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Teori Piaget dan Teknologi bagi Pendidikan Anak Usia Dini

30 Oktober 2022   00:07 Diperbarui: 30 Oktober 2022   00:09 277
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber foto: https://arpost.co/2020/01/07/pickplay-introduces-children-to-ar-technology/

Penggunaan perangkat teknologi merupakan suatu kegiatan yang sudah lekat dengan keseharian kita saat ini. Sudah menjadi pemandangan yang lumrah jika kita berpapasan dengan orang yang tetap menggunakan gadget sambil berjalan ataupun anak - anak usia dini yang sudah sangat fasih menggunakan gadget. Sebagaimana penelitian yang dilakukan oleh Luthfatun Nisa (2020) hampir 55% dari penduduk Indonesia adalah pengguna gadget. Didalamnya termasuk anak yang masih tergolong kelompok umur di usia dini. Sehingga sangat penting untuk mengarahkan kegiatan penggunaan gadget ini ke penggunaan yang lebih positif dan dapat mendukung perkembangan anak.

Penggunaan gadget dalam pendidikan anak usia dini bisa dirancang untuk mengembangkan pendidikan yang interaktif dan kreatif. Dari sudut pandang teori Piaget, kelompok usia dini dengan range 2 - 7 tahun termasuk dalam tahap praoperasional. Anak - anak yang berada di tahapan ini menggunakan pengamatannya dan mengaitkannya dengan suatu ide ataupun kegiatan. 

Berikut adalah aspek - aspek dari tahap perkembangan ini (Sanghvi, 2019):

  • Conservation

Pengertian anak akan sesuatu dalam jumlah tertentu adalah sama tanpa memperhatikan perubahan pengaturan ataupun tampilan fisiknya.

  • Centration

Anak akan lebih cenderung fokus pada satu aspek stimulus.

  • Egocentrism

Anak belum mampu untuk melihat dari sudut pandang orang lain.

Pengaplikasian teknologi ke dalam rancangan pendidikan bagi anak usia dini bisa didasarkan pada aspek kunci tersebut diatas. Salah satu teknologi yang dapat digunakan adalah Augmented Reality atau lebih dikenal dengan AR. Penggunaan teknologi AR menjadi pilihan untuk penunjang sarana pembelajaran karena:

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun