Kehadiran sponsor amat penting untuk event yang kamu gelar, terlebih jika perusahan yang kamu miliki masih memiliki keterbatasan finansial. Simak beberapa manfaat yang akan kamu dapat saat menyelenggarakan acara menggunakan sponsorship. Contoh benefit sponsor, kamu bisa mengubah acara biasa menjadi salah satu yang luar biasa. Contohnya kamu ingin menyelenggarakan acara di tempat yang besar namun memiliki biaya sewa yang belum mampu dijangkau.
 Dengan bantuan sponsorship hal ini tidak lagi menjadi masalah. Menyelenggarakan event di sebuah ruang besar otomatis mampu menampung pengunjung dalam jumlah yang banyak. Ruang besar biasanya juga memiliki jalan yang mudah diakses serta fasilitas yang bagus. Lagi-lagi ini dapat menarik banyak pengunjung. Contoh benefit sponsor berikutnya, melalui sponsorship kamu bisa menambah value event yang diadakan.Â
Kamu bisa menggunakan desain menarik dan modern yang akan mengundang rasa kagum pengunjung. Sebagai contoh, ketika membuat acara musik dengan desain panggung modern dan spektakuler. Hal ini akan meningkatkan pengalaman penonton. Tak cukup sampai di situ, desain yang menarik akan lebih banyak diunggah ke sosial media. Tentu ini akan memberi banyak keuntungan, perusahaan yang dimiliki semakin dikenal orang, promosi gratis, meningkatan jumlah interaksi sehingga berdampak pada penjualan.Â
Untuk mewujudkan acara semacam ini tentu membutuhkan anggaran yang tak sedikit. Dengan cari sponsorship hal ini bisa kamu capai. Jika dalam satu acara yang kamu gelar sukses, tak menutup kemungkinan kesuksesan juga akan kamu raih pada event-event berikutnya. Kamu juga bisa menambah database konsumen, melalui tiket yang kamu jual. Dalam membeli tiket otomatis mereka akan mencantumkan data diri, seperti nama, nomor telepon hingga email. Saat kamu membutuhkan feedback, perlu melakukan promosi produk baru atau info lainnya maka dengan mudah kamu bisa menjangkau mereka.Â
Dengan melaksanakan aktivitas sponsorship, tentunya sebuah perusahaan dapat meningkatkan brand awareness atau kesadaran akan produk dari perusahaan tersebut. Apalagi kalau event / acara yang disponsori memiliki target pengunjung yang sesuai dengan target dari perusahaan. Sebagai contoh, sebuah perusahaan minuman olahraga (sport drink) mensupport sebuah event marathon, maka tentu citra dari perusahaan tersebut akan semakin kuat di benak pengunjung / peserta event tersebut.Â
Apalagi kalau kegiatan sponsorship dapat dilakukan secara berkelanjutan. Dalam menjalankan suatu acara / event tentunya penyelenggara juga akan melibatkan media untuk meliput atau mempromosikan acara mereka. Hal ini tentunya juga akan berdampak ke pihak sponsor yang mensupport acara tersebut. Secara tidak langsung, brand akan mendapatkan exposure atau sorotan dari beberapa media yang bekerjasama dengan event. Di dalam aktivitas sponsorship juga terkandung fungsi public relation yaitu untuk meningkatkan image/citra dari perusahaan tersebut. Seperti yang dijelaskan pakar periklanan Frank Jefkins, salah satu manfaat sponsorship bagi perusahaan adalah untuk memperlihatkan niat baik organisasi/perusahaan dalam melaksanakan tanggung jawab sosialnya.Â
Misalnya, sebuah perusahaan mendukung event Gerakan Lingkungan secara konsisten, maka secara perlahan akan terbentuk sebuah citra bahwa perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang perduli terhadap lingkungan di benak konsumen. Jadi sebelum membuat sebuah proposal sponsorship akan lebih baik bisa mengetahui beberapa manfaat dan pentingya sponsorship untuk sebuah produk sehingga ketika membuat suatu acara dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dari setiap produk yang ingin diajak bergabung menjadi sponsor.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H