Lagu nenek moyangku seorang pelaut mungkin telah akrab ditelinga kita semua. Hampir seluruh anak di Indonesia dapat menyanyikan lagu itu dengan lancarnya. Dari lirik-lirik nya jelas bahwa lagu tersebut menceritakan nenek moyang kita (bangsa Indonesia) adalah pelaut-pelaut pemberani yang tidak gentar mengarungi samudra (jadi ingat film pirates of carribean).
Dari buku-buku sejarah baik pelajaran maupun tulisan ilmiah, tidak akan ada keraguan bahwa nenek moyang kita sejak jaman kerajaan Sriwijaya hingga Majapahit merupakan pelaut-pelaut tangguh. Pelaut-pelaut Bugis pun tidak ketinggalan reputasi nya sebagai "orang laut" yang mampu mengarungi samudra. Walau demikian, sering kali saya mendengar jokes yang meragukan bahwa nenek moyang kita adalah seorang pelaut. Joke yang sering saya dengar yaitu pertanyaan yang menanyakan "Lho kalo nenek moyang kita seorang pelaut, kok bisa membangun candi?" berarti kapan donk melautnya.
Nah diabad milenium ini nampak nya semangat melaut nenek moyang kita semakin memudar. Profesi sebagai pelaut atau yang berhubungan dengan laut semakin kurang diminati. Sedikit cerita untuk kompasianer, dalam setahun yang lalu saya dan kawan-kawan pelajar di Canterbury Selandia Baru beberapa kali diminta bantuan untuk membantu para "pelaut Indonesia" yang mengalami masalah di Perairan Selandia Baru atau di perairan Internasional yang dekat Selandia Baru seperti halnya Antartika. Masalah mereka beraneka ragam. Mulai dari kapal tenggelam, bulyying hingga melarikan diri dari kapal. Rata-rata pelaut tersebut merupakan para pekerja yang bekerja di kapal-kapal penangkap ikan milik perusahaan asing. Seperti halnya Korea, Rusia hingga Selandia Baru sendiri.
Dari obrolan-obrolan dengan para pelaut tersebut, terkuak cerita bahwa sebenarnya mereka terdorong jadi pelaut karena faktor ekonomi. Hampir 80% dari mereka berangkat dari tidak ada pengetahuan sama sekali mengenai laut. Mungkin mereka bisa disebut sebagai orang darat. Sebelum menjadi pelaut rata-rata bekerja sebagai petani atau di konstruksi. Hanya beberapa diantara para pelaut tersebut yang memiliki teknik dan pengetahuan mengenai laut dan cara berlayar.
Tak mengherankan bila jika terjadi masalah dilautan seperti kapal tenggelam, kapal karam atau pun terbakar maka korban yang berasal dari pelaut Indonesia akan yang paling banyak dibanding pelaut lainnya. Sebagai contoh, pada kasus Oyang 70 yang karan di perairan Selandia Baru 2010 yang lalu tercatat 5 kru Indonesia meninggal dunia. Begitu pula kasus teranyar yang menimpa Kapan Jeng Woo 2 kapan berbendera Korea ini terbakar di perairan Antartika dan beberapa kru Indonesia yang menurut seorang kawan belum di ketahui nasib nya (semoga kru Indonesian selamat semua).
Nah berkaca dari hal tersebut nampak nya laut bukan lagi hal yang menarik. Semangat orang Indonesia untuk menjadi pelaut sudah tidak sebesar nenek moyangnya (yang sebenarnya diragukan juga apa benar seorang pelaut hehehehe). Sebagai negara kepulauan yang dikelilingi lautan seharusnya semangat cinta bahari harus tetap ada dan selalu dipupuk. karena bagaimanapun juga kebesaran Sriwijaya dan Majapahir dahulu tidak terlepas dari kebesaran angkatan laut nya.
Salam Kompasiana
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H