Mohon tunggu...
Husnun Nur Hanifah
Husnun Nur Hanifah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah mahasiswa jurusan Pendidikan IPA di Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Berbagi Ilmu, Belajar Bersama : Pengalaman Asistensi Mengajar di SMP Negeri 27 Malang

17 Desember 2024   15:15 Diperbarui: 17 Desember 2024   15:13 23
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 7. Dokumentasi Puncak P5 di SMPN 27 Malang

Pada 26 Agustus 2024 - 6 Desember 2024, saya berkesempatan untuk terlibat dalam kegiatan Asistensi Mengajar (AM) sebagai bagian dari program Kampus Merdeka. Program ini memberikan pengalaman berharga sekaligus menjadi wadah untuk mengasah berbagai keterampilan, baik akademik maupun nonakademik. Selama tiga setengah bulan, saya mengabdikan diri di SMP Negeri 27 Malang, sebuah sekolah yang terpilih sebagai salah satu sekolah mitra untuk kegiatan ini. SMP Negeri 27 Malang merupakan sekolah menengah pertama yang memiliki komitmen tinggi terhadap peningkatan mutu pendidikan, sekolah ini terletak di kawasan strategis Kota Malang, tepatnya di Jl. Lesanpuro Gg XII No. 48, Lesanpuro, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Prov. Jawa Timur.

Observasi Awal dan Pengembangan Pembelajaran

Gambar 2. Observasi di SMPN 27 Malang
Gambar 2. Observasi di SMPN 27 Malang

Kegiatan pertama yang saya lakukan adalah observasi terhadap lingkungan sekolah dan proses pembelajaran di kelas. Kegiatan ini sangat penting untuk memahami karakteristik siswa dan metode pembelajaran yang diterapkan. Melalui observasi, saya dapat melihat bagaimana interaksi antara guru dan siswa berlangsung, serta bagaimana suasana kelas yang mempengaruhi proses belajar-mengajar. Observasi ini memberi saya gambaran tentang kebutuhan siswa, yang kemudian menjadi dasar dalam merancang perangkat pembelajaran yang lebih efektif.

Gambar 3. Observasi KBM IPA di Kelas
Gambar 3. Observasi KBM IPA di Kelas

Sebagai bagian dari tim yang bertanggung jawab di kelas 7 dan 8, saya terlibat langsung dalam pembuatan modul ajar, LKPD, dan media pembelajaran. Pembelajaran yang saya rancang bertujuan untuk memperkenalkan siswa pada konsep-konsep ilmiah dengan cara yang mudah dipahami, salah satunya melalui praktiku atau dengan penggunaan media pembelajaran berbasis digital, seperti PhET Simulation, juga mempermudah siswa untuk memahami materi dengan cara yang lebih interaktif.

Pembelajaran Inovatif dan Asesmen

Gambar 4. KBM di Kelas
Gambar 4. KBM di Kelas
Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di kelas memberikan saya banyak pengalaman dalam menerapkan teori yang telah dipelajari di kampus. Salah satu momen yang paling berkesan adalah saat saya menerapkan pembelajaran Project Based Learning (PjBL) kepada siswa kelas 7 pada materi wujud zat dan perubahannya. Dalam kegiatan ini, siswa diajak untuk melakukan praktikum membuat es krim putar sebagai aplikasi dari konsep perubahan wujud zat. Proses pembelajaran berlangsung sangat interaktif, di mana siswa tidak hanya belajar teori, tetapi juga langsung mengamati perubahan fisik dari bahan-bahan yang digunakan.
Gambar 5. Kegiatan Praktikum Pembuatan Es Krim Putar di Kelas VII
Gambar 5. Kegiatan Praktikum Pembuatan Es Krim Putar di Kelas VII

Melalui kegiatan ini, siswa tampak antusias dan bersemangat. Mereka bekerja sama dalam kelompok, berdiskusi, dan saling berbagi tugas untuk menyelesaikan proyek. Selain itu, siswa juga belajar menggunakan termometer untuk mengukur suhu selama proses pembuatan es krim, sehingga mereka memahami bagaimana suhu memengaruhi perubahan wujud zat. Momen ini menjadi pengalaman bermakna karena siswa tidak hanya memperoleh pengetahuan, tetapi juga mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kerja sama tim. Bagi saya, melihat siswa memahami konsep secara langsung melalui pengalaman praktis adalah hal yang sangat memuaskan.

Gambar 6. Kegiatan Praktikum Pembuatan Alat Peraga Sistem Pernapasan di Kelas VIII
Gambar 6. Kegiatan Praktikum Pembuatan Alat Peraga Sistem Pernapasan di Kelas VIII

Di kelas 8, saya juga menerapkan Project Based Learning (PjBL) pada materi sistem pernapasan, dimana siswa membuat alat peraga untuk menggambarkan cara kerja sistem pernapasan. Dengan bekerja dalam kelompok, siswa merancang dan membuat model seperti balon untuk paru-paru dan selang untuk trakea. Pendekatan ini membantu siswa memahami konsep secara praktis, mengembangkan keterampilan kolaborasi, dan memecahkan masalah, sambil memperdalam pemahaman tentang sistem pernapasan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun