A. PendahuluanÂ
   Mahasiswa adalah penerus negara dan harus mempunyai potensi perubahan. Pelaku UMKM memerlukan inovasi kreatif untuk meningkatkan daya saing produk lokal. Selain itu, mahasiswa juga memiliki peran aktif dalam peningkatan/mengembangkan UMKM agar semakin berkembang dan dikenal khalayak luar. Dengan cara ini kita bisa membangun kesuksesan produk lokal. Mahasiswa juga dapat memanfaatkan teknologi digital di era globalisasi saat ini. Era globalisasi merupakan era persaingan khususnya dalam pengembangan produk lokal. Menghadapi tantangan era digital yang mengglobal, sangat penting untuk mempertahankan nilai-nilai negara. Menghadapi tantangan tersebut, mahasiswa perlu berperan aktif dalam mengembangkan produk lokal yang lebih maju. Mahasiswa juga dapat memberikan ide dan inovasi kepada UMKM agar dapat maju dan bersaing di pasar.
B. Pembahasan
   Faktor-faktor yang mempengaruhi inovasi usaha kecil, menengah dan mikro untuk meningkatkan daya saing produk lokal
   Daya saing pasar dapat disebabkan oleh banyak faktor. Selain itu, kita juga perlu fokus pada kualitas produk agar terus menarik perhatian khalayak atau konsumen. Jika produk kita mempunyai kualitas yang lebih baik dan lebih menarik dibandingkan produk lain maka konsumen akan memilih produk kita. Inovasi produk juga dapat mempengaruhi nilai jual yang unik dan khas untuk menarik perhatian konsumen pasar. Banyak faktor yang mempengaruhi kemampuan inovasi usaha kecil, menengah dan mikro, antara lain faktor eksternal dan faktor internal. Berikut penjelasan beberapa faktor, antara lain:
1. Faktor internal yang mempengaruhi inovasi usaha kecil, menengah dan mikro untuk meningkatkan daya saing produk lokalÂ
  a) Faktor Sumber Daya Manusia (SDM)
    Sumber daya manusia adalah faktor yang sangat penting untuk inovasi dan kreativitas usaha kecil, menengah, dan mikro.             Sumber daya manusia yang kreatif dan inovatif meningkatkan produk atau jasa yang mampu bersaing dalam dunia bisnis.
  b) Faktor keuangan
     Faktor finansial atau permodalan sangat penting bagi inovasi pada UMKM karena memiliki modal yang cukup dapat                   meningkatkan daya saing eksternal. Hal ini dapat dicapai dengan memanfaatkan pendanaan sedapat mungkin untuk                   meningkatkan efisiensi operasional, meningkatkan kualitas produk, dan menjadi lebih kreatif dan inovatif. Karena dengan cara        ini kita bisa meningkatkan daya saing produk lokal.
  c) Faktor manajemen