Pada tahun 2005, dunia tercengang dengan mobil massal terkencang yang dibuat Bugatti, yaitu Bgatti Veyron atau Bugattti EB16. Mungkin sebelumnya pernah juga ada mobil terkencang. Tapi karena alasan keamanan, maka tidak dijual secara masal.
For your information, kendati Bugatti adalah merk Perancis, tapi pengembangan dilakukan oleh VW Group, karena saat itu Bugatti ada di bawah kepemilikan VW Group, serta konon, Veyron adalah salah satu ambisi terbesar VW untuk menciptakan mobil massal tercepat yang pernah ada.Â
Awal kemunculannya sih Veyron tidak dibuat untuk produksi massal. Karena saking kencangnya. Pada pengetesan oleh media semacam Top Gear, mobil ini mencatatkan waktu akselerasi dibawah 2.5 detik untuk mencapai kecepatan 0-100 km/jam dengan top speed 431 Km/jam, untuk varian super sport. Sedangkan varian dibawahnya yaitu Standar mempunyai kecepatan sekitar 407 KM/jam.
Sebagai perbandingan, mobil formula 1 mempunyai figur akselerasi dari 0-100 km /jam  2.1 detik dengan top speed 379 km/jam. jadi bisa dibayangkan betapa mengerikan Veyron ini.
Tapi membandingkan Veyron dengan mobil F1 rasanya tidak apple to apple. Karena mesin Formula 1 hanya 1500cc turbo, dilengkapi dengan mesin listrik ( Hibrid). Sedangkan Veyron mempunyai mesin dengan kubikasi 8000cc, berkonfigurasi silinder W16 ( terdiri dari dua bongkah mesin V8).Mesin tersebut masih ditambah tenaga induksi berupa empat buah turbo (quad-turbocharged) sehingga secara keseluruhan bisa menghasilkan tenaga 1.001 tenaga kuda dan torsi 1.250 lb-ft.
Secara keseluruhan, spesifikasi Veyron adalah sebagai berikut:Â
Veyron dilengkapi dengan 10 buah radiator untuk mendinginkan mesin, transmisi, dan sistem pengereman, sampai dengan kompresor AC. Sementara mobil masal pada umumnya hanya dilengkapi paling banyak dua buah radiator.Â
Untuk menahan laju kendaraan, Veyron menggunakan empat sistem pengereman, dan keempatnya berbeda. Untuk rem bagian depan menggunakan material baja dengan karbon ceramic, serta rem berbentuk spoiler yang ada di bagian belakang mobil. Mirip rem pesawat.Â
Dengan kemampuan tersebut Veyron mendapat julukan sebagai mobil tercepat selama masa produksinya, yaitu kurun waktu 2005 sampai dengan 2015
Satu hal terpenting lainnya adalah, karena Veyron adalah mobil legal road, maka unsur kenyamanan masihlah dipertahankan, walau nggak nyaman-nyaman banget. Bentuk dari kenyamanan tersebut diterjemahkan dengan konfigurasi bangku yang masih layak untuk empat penumpang, serta bagian interior menggunakan material mewah termasuk kulit, kayu serta aluminium. Dari sini tampaknya Bugatti pengin menunjkkan, bahwa Veyron dicipta bukan hanya untuk kecepatan, melainkan juga menonjolkan kemewahan.