Mohon tunggu...
Den Ciput
Den Ciput Mohon Tunggu... Penulis - I'm a writer...

Just Ordinary man, with the Xtra ordinary reason to life. And i'm noone without God.. http://www.youtube.com/c/ChannelMasCiput

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Ke Mana KNKT Ketika Kecelakaan Terjadi di Darat

24 November 2018   15:59 Diperbarui: 24 November 2018   16:04 518
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto : KNKT ( Sumber: Indopos)

Kalau kita dengar KNKT apa yang terbayang dibenak? Sebuah lembaga non Struktural yang menyelidiki kecelakaan transportasi, baik laut, darat, atau pun udara. Jadi sebenernya fungsi KNKT membantu mencari penyebab suatu kecelakaan Laut, darat, dan udara

Tapi banyak sekali kecelakaan darat tanpa bantuan penyelidikan yang melibatkan pihak KNKT. Padahal jumlah kecelakaan darat banyak memakan korban jiwa. Dan jumlahnya jauh melebihi kecelakaan laut atau udara.

Barangkali hanya beberapa kali KNKT membantu penyelidikan kecelakaan darat, tapi itu sebatas kecelakaan Transportasi yang melibatkan Kereta Api.

Perlu diketahui, jumlah data kecelakaan darat yang terjadi dimobil pribadi atau transportasi darat massal tak kalah mengerikan kalau dihitung dari  jumlah korban. Baik itu korban meninggal atau pun luka berat/ringan.

Malah belum lama ini terjadi kecelakaan tunggal yang menyebabkan dua korban meninggal dunia.

Detilnya adalah kecelakaan mobil Honda CRV yang jatuh kedalam jurang setinggi 200meter di kawasan Plaosan, kabupaten Magetan.

Polisi pun terjun menyelidiki kecelakaan tragis tersebut. Untuk sementara, diduga kecelakaan akibat kelalaian pengemudi. Karena disitu tidak ada bekas usaha pengereman. Sekali lagi, itu hanya dugaan. Karena tidak ada hal yang bisa menguatkan alibi lain, bahwa kecelakaan itu akibat lain dari sekedar kelalaian pengemudi. Itu saja.

Tidak ada pula dugaan, misalnya, pengemudi mengalami kegagalan dalam melakukan pengereman. Yang harus kita ketahui adalah, sistem pengereman Honda CRV menggunakan sistem EBD ( Electronic Braking Distribution), teknologi yang membagi kekuatan pengereman menjadi variable yang berbeda di keempat rodanya.

Lalu juga ada ABS ( Anti Lock Braking System), teknologi yang mencegah roda mengunci tatkala kita menginjak pedal rem secara dalam dan tiba-tiba.

Teknologi yang tak kalah canggih adalah Stability Traction Control atau kontrol stabilitas melalui traksi/ daya cengkeram.

Untuk sistem keamanan pasif ada Airbag ( Kantong udara). Okelah, kita berfikir secara bodoh aja, Airbag itu tidak mengembang karena dua orang yang ada dalam mobil itu tidak mengenakan sabuk pengaman.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun