Mohon tunggu...
Den Ciput
Den Ciput Mohon Tunggu... Penulis - I'm a writer...

Just Ordinary man, with the Xtra ordinary reason to life. And i'm noone without God.. http://www.youtube.com/c/ChannelMasCiput

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Kisah Wingko, Bika, dan Fitsa....

1 Oktober 2018   11:15 Diperbarui: 1 Oktober 2018   11:35 479
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar : Wingko Babat (Sumber : Tripadvisor.com)

Sejatinya Wingko adalah makanan khas Kota Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan. Terbuat dari tepung Ketan dan campuran Kelapa muda dan Gula. Kenapa disebut Wingko Babat, ya karena pertama kali diperkenalkan di Kota Babat. Nurut opini pribadi saya, makanan ini adalah makanan khas masyarakat Etnis Tionghoa yang tinggal di Babat. Karena sampai saat ini banyak menggunakan nama Tionghoa, yang terkenal adalah Loe Lan Ing.

Saya sangat mengenal wingko, karena dari kecil saya suka diajak bepergian antara Tuban dan Kediri. Tuban tempat saya waktu kecil sampai umur 4 tahun. Selanjutnya saya ikut Simbah ( Kakek-Nenek) di Kediri. Tapi sering bepergian ke kota Tuban Via Babat.

Di terminal kota Babat inilah banyak dijajakan Wingko.
Saya tidak tahu, kalau pada perkembangannya ternyata Wingko banyak dijual dikota Semarang. Rupanya di kota inilah berkembang beberapa varian Wingko lain, ada yang isi Coklat, Keju dan lain-lain.
Dan masyarakat malah mengenal bahwa Wingko berasal dari kota Semarang.
Lain Wingko lain Bika Ambon. Pasti kalau belum tahu kita mengira bahwa ini kuliner Ambon yang numpang tenar di Medan seperti halnya Wingko babat.
Salah!

Bika adalah jajanan Melayu asli, dan nggak ada hubungannya sama Ambon. Penganan berbahan dasar Telur, Gula dan santan ini dibuat pertama kali di Simpang Jalan Ambon, Sei Kera Kota Medan. Penamaan akhiran 'Ambon' mengingatkan kita pada Bakpia Patok, Yogyakarta. Dari kedua yang saya sebut diatas, hanya Bakpia Patok yang asli Patok, dan yang terkenal dibuat di Patok.

Makanan selanjutnya yang akan saya bahas adalah Pizza. Pizza adalah Roti berbentuk pipih, membulat kayak kerupuk bulat. Bukan kayak bentuk bumi. Puji Tuhan, sampai saat ini saya masih beranggapan bentuk bumi bundar, kayak Onde-onde, bukan kayak pizza.

Makanan ini sejatinya emang berasal dari Italia. Tapi antara abad 17-18 banyak imigran dari Napoli yang datang ke New York memperkenalkan ke Megapolitan ini.
Seiring perkembangan jaman, Pizza mengalami evolusi. Topingnya bermacam-macam, selain saus Tomat, Keju Mozzarila, Daging, Sosis dan lain-lain.

Seperti halnya Al Pacino, Pizza adalah nama Italy yang Numpang tenar di negeri Uncle Sam.
Sedangkan Pizza hut, sampai tulisan ini saya buat, Pizza Hut tidak ada hubungan sama sekali dengan pihak Italia. Pizza Hut adalah perusahaan Waralaba asal Wichita, Kansas dan satu Grup (anak Perusahaan ) Yum!Brand, sebuah restoran fastfood terkenal di negeri Guns And Roses.

Kalau Fitsa hats?
Maaf, saya rasa saya masih waras, dan nggak akan melafalkan Pizza dengan kata yang nggak wajar!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun