Mohon tunggu...
Hurriyatuddaraini
Hurriyatuddaraini Mohon Tunggu... Lainnya - Bersama keluarga

Menulis untuk kesehatan jiwa

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

5 Alasan Mengapa Anda Harus Berenang

31 Januari 2021   12:40 Diperbarui: 31 Januari 2021   14:40 471
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kalau ditanya apa olahraga favorit saya. Maka renang akan berada pada urutan pertama sebelum saya menjawab basket dan bulutangkis. Walau pada kenyataannya saya gak expert dalam ke tiga jenis olahraga yang saya sebutkan tersebut. Tapi, saya suka!

Nah, hari Minggu pagi ini, saya kembali melakukan salah satu olah raga kesukaan saya itu, yaitu renang. Banyak sekali manfaat berenang, di antaranya meredakan stress, menguatkan sistem pernafasan, tentunya selain mengencangkan otot dada, perut, lengan bagian atas dan juga otot kewanitaan.

Selain itu apa saja manfaat olahraga yang bisa dilakukan oleh semua usia ini.

Mari simak penjelasan berikut ini;

1. Menyehatkan Paru-paru
Renang adalah olahraga terbaik bagi paru-paru, oleh karena itu penderita asma sering direkomendasikan untuk melakukan olahraga ini.
Dikutip dari detikhealth, disebutkan bahwa, hal ini disebabkan karena saat berenang seseorang melakukan latihan pernapasan seperti mengambil, menahan dan mengeluarkan napas yang berfungsi bisa meningkatkan efektivitas dari paru-paru sehingga bisa bekerja lebih optimal dan sehat.

2. Menguatkan Massa Otot

Renang sangat besar pengaruhnya bagi pembentukan otot. Apalagi jenis olahraga ini melibatkan gerakan seluruh tubuh, sehingga membuat seluruh anggota badan ikut bergerak. Oleh karena itu jika Anda rajin melakukan olahraga ini, maka Anda akan mendapatkan otot dan tulang yang kuat.

Gerakan dalam olahraga ini benar-benar membantu Anda dalam mendapatkan otot yang kuat. Karena saat Anda menggerakkan anggota badan dalam air, tubuh Anda mengeluarkan energi yang besar untuk melawan massa air, hal itu tentu saja mampu menguatkan dan melenturkan otot-otot tubuh. Dengan demikian secara perlahan-lahan, bentuk tubuh Anda pun semakin nampak atletis karena otot yang terbentuk sempurna.

3. Meredakan Stress

Ini bagian yang paling saya sukai dari efek berenang. Maklum sebagai pasangan LDRan, kami tidak setiap saat bisa bertemu. Maka, untuk meredakan ketegangan urat saraf, saya lebih memilih olahraga ini untuk menghilangkan kepenatan pikiran saya.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Aktivitasnya yang cenderung rileks, membuat saya bisa melakukannya dengan santai, tidak diburu-buru yang membuat kita terengah-engah. Terlebih di tengah-tengah olahraga yang saya lakukan ini, saya pun bisa berendam, atau sekedar mengapung di atas air. Tentu hal itu, sangat menakjubkan pengaruhnya bagi pikiran dan kesehatan mental.
4. Mendukung Program Diet

Tentu ini kabar gembira bagi semua orang. Renang tidak hanya menyehatkan anggota badan, bahkan ia mampu untuk menjaga berat badan ideal Anda. Jadi, selain dapat sehatnya, dapat juga tubuh yang ideal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun