Survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dan Indeks Persepsi Korupsi (IPK) merupakan alat yang digunakan untuk mengukur kualitas pelayanan publik dan persepsi pengguna layanan. Yuk kita bahas lebih lanjut:
1. Survei IKM (Indeks Kepuasan Masyarakat):
Survei ini mengukur tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh penyelenggara pelayanan publik.
Hasil survei IKM membantu dalam mengevaluasi dan memperbaiki kinerja penyelenggara pelayanan.
Survei ini dilakukan secara berkala dan berkelanjutan.
2. Survei IPK (Indeks Persepsi Korupsi):
Survei ini bertujuan untuk memetakan persepsi pengguna layanan terkait dengan upaya pencegahan dan penanganan korupsi.
IPK menggambarkan sejauh mana lembaga atau instansi mampu mencegah dan menangani praktik korupsi.
Jadi, survei ini membantu mengukur kualitas pelayanan dan memastikan transparansi serta akuntabilitas dalam penyelenggaraan layanan publik.
#kemenkumhamRI
#yasonnalaoly
#kemenkumhamjatim
#heniyuwono
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H