Tidak terasa, sebentar lagi kita akan memasuki tahun 2024. Pastinya akan banyak perubahan yang terjadi di segala aspek, tak terkecuali social media. Di tahun depan, diprediksikan akan muncul tren baru yang wajib diketahui oleh para kreator agar tidak ketinggalan arus.
Apa saja tren social media yang akan naik di tahun 2024? Yuk baca artikel ini sampai selesai!
Social Media Akan Jadi Sebagai Search Engine
Biasanya, orang-orang jika mencari sesuatu pasti mengandalkan google sebagai search engine. Nah, di tahun 2024 kebisaan tersebut akan mulai berubah!
Sekarang, platform social media seperti TikTok dan Instagram sudah seperti Google. Dimana kamu tinggal memasukkan keyword di pencariannya dan akan muncul konten yang dimaksud. Sehingga, pastikan konten yang kamu buat dapat menjawab pertanyaan audience.
Optimalkan SEO di konten media sosialmu dengan optimasi keyword pada caption, profil, dan kalimat yang ada pada konten.
Penggunaan Artificial Intelligence (AI) Pada Konten
Siapa yang tidak tau AI atau kecerdasan buatan? Saat ini, banyak bidang yang memanfaatkan AI untuk memudahkan pekerjaan, tak terkecuali pada produksi konten social media juga.
Mulai dari perencanaan konten hingga analisis data, AI sangat membantu dalam membentuk konten yang ingin dilihat audience pada social media. Bahkan saat ini, banyak sekali tools-tools yang bisa dimanfaatkan kreator untuk membuat konten. Jadi, kamu wajib update tools-tools tersebut biar memudahkan pekerjaanmu
Konten Video Berdurasi Panjang
Mengapa ini akan menjadi tren di tahun depan? Karena saat ini platform seperti TikTok dan Instagram Reels terus mengupdate durasi maksimal video mereka.
Perubahan ini juga dikarenakan berubahnya perilaku user. Dimana, banyak pengguna social media yang juga menggunakan platform-platform ini untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan yang biasanya dituliskan di search engine.
Jadi, penting untuk para kreator untuk mulai memikirkan strategi membuat konten video panjang yang bisa ditonton sampai habis oleh audience.