Bagai kendaraan memerlukan bahan bakar, setiap jenis bisnis yang muncul tentunya membutuhkan bahan bakar agar kehadiran bisnisnya bisa terlihat.
Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan social media marketing sebagai salah satu aktivitas pemasaran yang sering digunakan saat ini. Tidak hanya karena biaya yang digunakan lebih terujur, tapi juga bisa menjangkau potensi yang lebih luas.
Sayang sekali bukan kalau tidak dimanfaatkan.
Mau tahu bagaimana supaya kalian bisa mengaktifkan social media marketing yang efektif?
Riset, Riset!
Sebelum kamu hendak mengeluarkan promosi, maka hal yang perlu dilakukan adalah riset.
Ketika hasil riset sudah didapatkan maka bisa dilanjutkan dengan penyusunan strategi dan langkah-langkah.
Dengan riset, baik riset pasar, riset kompetitor, dan riset pelanggan, maka kita bisa mendapatkan data riil mengenai bagaimana kondisi terkini dari ketiga hal tersebut.
Tujuannya agar bisa menghasilkan rekomendasi mengenai pemilih media sosial yang digunakan, jadwal posting, jenis konten yang diunggah, tone dari konten, persona akun yang digunakan, serta hubungan yang akan dibentuk dengan pelanggan atau segmen pasar bisnis kita.
Tujuan Jelas
Tujuan yang jelas akan memudahkan bisnis baru untuk mengoptimalkan media sosial milik mereka.
Langkah awal biasanya tujuan ini bisa digunakan untuk mencari pelanggan baru, meningkatkan loyalitas pelanggan, meningkatkan trafik kunjungan ke profil atau kita ingin agar pelanggan sadar dengan kehadiran brand milik kamu.