Mohon tunggu...
Syaiful Rohman R
Syaiful Rohman R Mohon Tunggu... Guru - SMA Negeri 1 Sampang, Madura

Praktisi Pendidikan, Penulis, Penggiat Literasi, Pemerhati Lingkungan Hidup, Sosial Budaya, dan Kemasyarakatan.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pemanfaatan Eksperimen Terpadu untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Biologi

27 September 2024   16:20 Diperbarui: 27 September 2024   16:22 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendahuluan

Eksperimen terpandu adalah salah satu metode pembelajaran yang banyak digunakan dalam pembelajaran sains, khususnya biologi. Dalam metode ini, guru berperan sebagai pemandu, memberikan instruksi yang jelas dan mendetail mengenai langkah-langkah eksperimen, sementara siswa mengikuti petunjuk tersebut dengan tetap diberi ruang untuk berpikir kritis dan menganalisis hasil percobaan. Eksperimen terpandu memberikan pengalaman langsung kepada siswa, memungkinkan mereka untuk melihat aplikasi praktis dari konsep-konsep yang dipelajari di kelas.

Dalam konteks pembelajaran biologi, pemanfaatan eksperimen terpandu berperan penting dalam memfasilitasi pemahaman yang lebih mendalam tentang konsep-konsep kompleks seperti fisiologi, ekologi, evolusi, dan struktur sel. Penulis akan membahas bagaimana eksperimen terpandu dapat meningkatkan kualitas pembelajaran biologi, terutama dalam hal pemahaman konsep, keterampilan praktis, dan pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa.

Konsep Eksperimen Terpandu

Eksperimen terpandu merupakan metode di mana guru menyediakan prosedur yang cukup terstruktur untuk eksperimen, tetapi tetap memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan pengamatan dan menyimpulkan hasil berdasarkan pengalamannya sendiri. Metode ini berbeda dari eksperimen bebas, di mana siswa memiliki kebebasan penuh dalam merancang dan melaksanakan eksperimen mereka sendiri.

Eksperimen terpandu memiliki beberapa karakteristik utama:

1. Instruksi yang jelas: Guru memberikan panduan yang spesifik mengenai alat dan bahan yang digunakan, serta langkah-langkah dalam melakukan eksperimen.

2. Pendekatan berbasis bukti: Siswa dituntut untuk mengumpulkan data, menganalisis, dan membuat kesimpulan berdasarkan hasil eksperimen yang mereka lakukan.

3. Refleksi dan diskusi: Setelah eksperimen selesai, siswa diminta untuk mendiskusikan hasil yang mereka peroleh, baik dalam kelompok maupun secara individu, untuk menganalisis perbedaan hasil dan bagaimana hal tersebut berhubungan dengan konsep yang dipelajari.

Manfaat Eksperimen Terpandu dalam Pembelajaran Biologi

1. Memperkuat Pemahaman Konsep

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun