Hari ini tgl. 23 Maret 2016, Bluebird Group memberikan pelayanan taksi secara gratis kepada para pelanggannya di wilayah Jakarta dan sekitarnya selama 24 jam. Kebijakan ini harus diambil oleh manajemen Bluebird Group menurut pandangan saya sebagai Dosen Ilmu Pemasaran, antara lain bertujuan untuk:
1. Corporate Image Recovery, yaitu: perbaikan citra perusahaan taksi Bluebird yang telah tercemari dengan adanya kejadian ikut sertanya pengemudi taksi Bluebird dalam unjuk rasa pada tgl. 22 Maret 2016 di Jakarta kemarin yang diwarnai dengan tindakan-tindakan pencegatan dan perusakan.
2. Customer Service Recovery, yaitu: perbaikan pelayanan dan kompensasi kepada para pelanggan taksi Bluebird yang tidak terlayani dan dilayani oleh para pengemudi taksi Bluebird kemarin pada saat terjadi unjuk rasa di Jakarta.
3. Customer Loyalty Survey, yaitu: penelitian terhadap kesetiaan dari pelanggan taksi Bluebird di Jakarta, seberapa banyak yang memanfaatkan pelayanan taksi secara gratis tersebut.
4. Internal Customer Survey, yaitu: penelitian terhadap kedisiplinan para pengemudi taksi Bluebird di Jakarta, seberapa banyak yang menjalankan kebijakan pelayanan taksi gratis tersebut.
Selanjutnya mari kita lihat dan tunggu dampak dari kebijakan pelayanan taksi gratis dari Bluebird Group hari ini. Â Apakah citra perusahaan menjadi lebih baik? Apakah kesetiaan dan kepercayaan pelanggan menjadi meningkat?
Oleh: Hentje Pongoh, SE, MM (Dosen Sekolah Tinggi Manajemen Transportasi Trisakti).
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H