Apa itu UMKM
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan pilar penting dalam perekonomian Indonesia sebagai salah satu penggerak roda ekonomi nasional.
UMKM mampu menyerap 97 persen dari total tenaga kerja dan berhasil memberi kontribusi kepada Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai 68 persen.Â
Jika dirinci, postur UMKM sebesar 98,7 persen ada di segmen mikro, lalu 1,2 persen berada di segmen kecil, dan sisanya pada segmen menengah.
Kondisi UMKM Indonesia
Tren penjualan saat ini sedang mengalami peralihan dari sistem konvensional (offline) menjadi digital (online). Adanya peralihan dari jual beli manual ke digital mau tidak mau membuat para pelaku usaha UMKM untuk ikut beradaptasi. Namun, baru sekitar 13% UMKM yang terhubung dengan pasar digital.Â
Kendala utama dalam proses digitalisasi pada UMKM adalah keterbatasan sumber daya keuangan, keterbatasan sumber daya pengetahuan, dan keterbatasan kesadaran teknologi.Â
Â
Peran BRI membawa UMKM Naik Kelas
Berikut adalah peran  #BRIPahlawanFinancial  yang fokus menangani usaha mikro,Â
1. BRI telah memiliki rekam jejak mengesankan dalam membawa pelaku UMKM go modern, go digital, dan go global.