Apakah sertifikasi digital marketing? Menurut pakar marketing Philip Kotler, digital marketing merupakan suatu teknik pemasaran yang bertujuan menghubungkan anrara customer dengan seller secara elektronik menggunakan teknologi seperti wibesite, email, social media, forum online, grup berita dan lain sebagainya. Sertifikasi digital marketing perkembangannya semakin cepat dan luas, tidak hanya para pembisnis online, perusahan-perusahaan besar, tapi juga bagi para akedimisi juga dituntut untuk terus belajar dan memanfaatkan digital marketing. Digital marketing sendiri merupakan suatu praktik promosi atau pemasaran sebuah prosuk atau jasa dengan menggunakan berbagai media digital melalui internet. Digital marketing menjadi suatu profesi baru yang menjanjikan untuk digeluti. Hal ini disebabkan adanya pertambahan pengguna internet dan peningkattan transaksi digital melaluo wibesite atau marketplace yang menjadikan profesi yang sangat diminati. Â Seritifakasi digital marketing tersendiri ialah suatu program yang ditunjukan untuk mendapatkan pengakuan kopetensi melalui serifikat yang dikeluarkan oleh Lembaga sertifikasi yang kredibel, para peserta juga diukur tentang digital skills yang mereka miliki.
Adapun kopetensi digital marketing yang dilansir dari SKKNI Sertifikasi Digital Marketing, berikut beberapa kopetensi yang perlu dikuasi untuk mendapatkan sertifikat digital marketing kompeten :
- Mengidentifikasi elemen pemasaran perusahaan                                                                                 Hal pertama dan wajib dikuasai sebagai marketing adalah identifikasi tentang elemen pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan. Marketer harus mengetahui tentang produk atau jasa yang dijual, bagaimana cara menjualnya dan lain sebagainya.
- Menggunakan perangkat komputer                                                                                          Sebagai seorang digital marketer sudah sewajibnya dapat menggunakan komputer, sebab digital marketing sangat bergantung pada pemanfaatan teknologi yang ada.
- Menggunakan aplikasi media sosial                                                                                            Tidak bisa dipungkiri hampir semua orang menggunakan sosial media setiap harinya, hal tersebut menjadi peluang digital marketing. Sebagai digital marketer, mereka harus mampu memanfaatkan aplikasi media sosial dalam proses marketing perusahaan.
- Menggunakan penelusuran situs web                                                                                           Search engine website saat ini telah digunakan oleh semua orang, dengan demikian bisnis yang baik adalah bisnis yang mampu hadir ditengah-tengah masyarakat ketika masyarakat mencari atau membutuhkannnya. Kompetensi ini berhubungan dengan SEO dan SEM, selanjutnya sebagai digital marketer harus mampu memanfaatkan SEO dan SEM sebaik mungkin agar mendapatkan lebih banyak pelanggan dan penjualan.
- Melakukan pendekatan kepada calon pelanggan                                                                                 Jarang terjadi penjualan atau transaksi tanpa adanya kontak dengan pelanggan. Sebagai digital marketer, mereka harus mampu memanfaatkan berbagai platform digital guna melakukan pendekatan dengan para calon pelanggan.
- Membuat perencanaan periklanan                                                                                              Iklan menjadi langkah pemasaran yang dinilai cepat menaikkan awareness atau pembelian, namun diiringi dengan peningkatan biaya promosi. Oleh sebab itu, digital marketer dituntut untuk membuat perencanaan periklanan yang efektif dan efisien guna mendapatkan pelanggan.
- Menyusun rencana aktifitas penjualan                                                                                             Inti dari proses pemasaran adalah konversi dan penjualan, nah sebagai digital marketer harus mampu untuk melakukan perencanaan tentang aktivitas penjualan produk atau jasa perusahaan.
Memiliki sertifikasi digital marketing dapat memberikan nilai tambah bagi kamu di hadapan klien atau perusahaan. Dalam beberapa bidang profesi, sertifikasi sering kali dijadikan sebagai persyaratan  untuk suatu pekerjaan, bagi seorang professional, menyandang sertifikasi akan memeberikan beberapa manfaat sebagai berikut ;
- Memiliki keunggulan  kompetitif dibandingkan kandidat tanoa sertifikasi
- Memiliki potensi untuk mendapatkan upah lebih tinggi
- Memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan
- Menunjang karir professional
Bagi perusahaan atau industri, seritifikasi juga dapat mendatangkan sejumlah keuntungan berikut :
- Mendukung pencairan kandidat yang sesuai selama proses perekrutan
- Mendukunfg tim sumber daya manusia dalam merancang program pengembangan kakrir dan system kompensasi berdasarkan kompetensi.
- Meyakinkan klien atau konsumen bahwa produk tersebut dirancang oleh tenaga kerja yang kompeten.
Profesi-profesi terkait digital marketing ini. Lsp teknologi digital meriset dari beberapa situs lowongan pekerjaan, ada pekerjaan yang tersedia dengan jumlah yang cukup banyak antara lain
- Content creator
- Sosial media specialist
- Digital marketing manager
- Admin online
- Content writer
- Business analys                                                                                                                                                                                                                                                            https://lspdigital.id
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H