manajemen organisasi adalah proses membuat perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, dan kepemimpinan berbagai usaha dari anggota organisasi yang dikoordinasi, diawasi, dan dilatih untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan bersama.
Fungsi manajemen organisasiÂ
Mengapa fungsi pengorganisasian dianggap sebagai fungsi yang penting dalam manajemen? Karena adanya manajemen membentuk sistem pengorganisasian yang memudahkan pihak manajemen melakukan pengendalian dan pengawasan organisasi yang sedang berjalan. Dengan begitu, manajemen sendiri bisa mengetahui letak kekurangan manajemen sehingga dapat diperbaiki dan tujuan manajemen dapat tercapai.
- Perencanaan (Planning) Perencanaan adalah fungsi paling utama dari manajemen organisasi. Perencanaan berarti membuat sasaran capaian tujuan, cara pengembangan dan pembentukannya. Planning juga merupakan cara paling baik untuk mencapai tujuan dan menerapkan strategi organisasi.Â
- Pengorganisasian (Organizing) Pengorganisasian mengacu pada hubungan antarindividu dalam sebuah organisasi. Organizing juga berkaitan dengan kemampuan dan sumber daya yang digunakan untuk mencapai tujuan organisasi.Â
- Kepegawaian (Staffing) Â Kepegawaian atau karyawan merupakan sumber daya terpenting dalam sebuah organisasi. Staffing mencakup perekrutan, seleksi, pemerolehan, pelatihan serta penilaian karyawan. Kepegawaian menjadi salah satu penentu keberhasilan organisasi untuk mencapai tujuannya.Â
- Pengarahan (Directing) Â Pengarahan biasanya dilakukan oleh manajer. Tugasnya memberi instruksi, membimbing serta meninjau pegawai, sebagai salah satu cara menca[ai tujuan. Directing harus dilakukan dengan baik karena menjadi penentu keberhasilan organisasi, selain kepegawaian.Â
- Motivasi (Motivating) Motivasi diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan dalam organisasi. Motivating ini diperlukan supaya karyawan bisa melakukan pekerjaannya dengan baik, sehingga dengan demikian tujuan perusahaan tercapai.Â
- Pelaksanaan (Actuating) Pelaksanaan berarti organisasi melaksanakan apa yang sudah direncanakan sebelumnya. Actuating menekankan pada kegiatan kumpulan orang dalam sebuah organisasi untuk mencapai tujuan organisasi.Â
- Pengawasan (Controlling) Pengawasan berarti manajer mengawasi bagaimana proses pelaksanaan kegiatan oleh pegawai. Controlling juga termasuk penentuan apakah tujuan organisasi bisa tercapai dengan rencana dan pelaksanaan kegiatan tersebutÂ
Struktur Organisasi Manajemen dalam Perusahaan
1. Direksi
Direksi adalah orang yang bertanggung jawab dan memiliki wewenang dalam mengurus perseroan terbatas. Posisi ini merupakan posisi teratas dari seluruh jabatan sekaligus bagian yang penting karena memiliki wewenang untuk mengambil keputusan terhadap perseroan dan mempertanggungjawabkan keputusannya. Fungsi direksi adalah penentu arah perusahaan.
2. Manajer
Struktur selanjutnya yang di bawah direksi adalah manajer. Jabatan ini bertanggung jawab mengintegrasikan berbagai variabel dan karakteristik dari pegawai dalam mencapai tujuan perusahaan. Mereka bertugas membuat pengarahan dan keputusan, kebijakan, supervisi, dan mengembangkan potensi karyawan agar dapat memajukan perusahaan. Manajer umumnya akan menerima laporan dari team leader, kemudian menyampaikan pada jajaran yang lebih tinggi.
3. Divisi atau Departemen
Bagian divisi atau departemen biasanya dipimpin oleh kepala divisi atau kepala departemen. Mereka bertugas memimpin bidang tugas dari departemennya. Departemen ini ada banyak jenisnya, menyesuaikan dengan karakteristik perusahaan.
4. Administrasi dan Gudang
Jabatan ini terdiri dari accounting, CMT, dan kasir. Mereka bertugas mengatur keuangan perusahaan dan mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan, bahkan mengurus hal-hal yang berhubungan dengan outsourcing.
Struktur Organisasi Manajemen Proyek :Â
- Project Manager
- Admin/Cashier
- Site Engineer
- Structure Engineering
- Architect Engineering
- Quality Control Staff
- Drafter
- Quantity Surveyor
- Assistant QS
- Safety Supervisor
- Assistant Safety Supervisor
- ME Coordinator
- Site Manager
- Mechanic
- Operator Tower Crane
- BBS Supervisor
- Chief Supervisor
- Supervisor (Structure)
- Supervisor Finishing
- Chief Surveyor
- Surveyor
- General Affair
- Logistik
- Security (Project)
- K3 (Kesehatan, Keselamatan, Keamanan)
Itulah penjelasan mengenai manajemen organisasi, proses membuat perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian kegiatan yang dilakukan untuk meraih tujuan bersama.Manajemen organisasi hadir dengan tujuan menjalankan kegiatan atau proses yang lebih efektif dan efisien dalam pencapaian tujuannya melalui pembagian-pembagian tugas dan wewenang.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H