Mohon tunggu...
Husnul KhotimahSF
Husnul KhotimahSF Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Dampak Media Sosial Terhadap Karakter Siswa: Antara Edukasi dan Distraksi

27 Juni 2024   09:54 Diperbarui: 27 Juni 2024   14:16 36
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di era digital ini, media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat, termasuk para siswa. Media sosial menawarkan berbagai manfaat, seperti kemudahan komunikasi, akses informasi, dan platform untuk belajar dan berkreasi. Namun, dibalik manfaatnya, media sosial juga memiliki dampak negatif yang perlu diwaspadai, terutama bagi karakter dan perkembangan siswa.

Media sosial dapat memberikan dampak positif bagi karakter dan perkembangan siswa, diantaranya meningkatkan komunikasi dan interaksi. Media sosial memungkinkan siswa untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan teman, keluarga, dan orang lain dengan mudah. 

Hal ini dapat membantu siswa dalam membangun hubungan sosial, meningkatkan asa percaya diri, dan mengembangkan kemampuan komunikasi mereka. 

Selain itu, media sosial menyediakan akses yang luas terhadap informasi dan pengetahuan. Siswa dapat belajar berbagai hal baru, mengikuti perkembangan terkini, dan mendapatkan inspirasi dari berbagai sumber. 

Media sosial juga dapat menjadi platform untuk belajar dan berkreasi. Siswa dapat mengikuti kelas online, mengerjakan tugas bersama, dan membagikan hasil karya mereka kepada orang lain. Lebih jauh lagi, media sosial dapat membantu siswa dalam meningkatkan kesadaran sosial dan kepedulian terhadap isu-isu terkini. Siswa dapat mengikuti kampanye sosial, terlibat dalam diskusi tentang berbagai masalah, dan berkontibusi dalam kegiatan positif.

Meskipun memiliki banyak manfaat, media sosial juga dapat memberikan dampak negatif bagi karakter dan perkembangan siswa. Penggunaan media sosial yang berlebihan dapat menyebabkan ketergantungan dan kecanduan. Hal ini dapat mengganggu aktivitas belajar, kesehatan fisik dan mental, serta kehidupan sosial siswa. 

Media sosial menjadi wadah bagi cyberbullying dan pelecehan online, yang dapat menyebabkan trauma psikologis, depresi, dan bahkan tindakan bunuh diri pada siswa. 

Selain itu, media sosial sering kali dipenuhi dengan konten negatif seperti pornografi, kekerasan, dan ujaran kebencian, yang dapat memengaruhi pola pikir, perilaku, dan moralitas siswa.

 Penggunaan media sosial selama belajar juga dapat mengganggu konsentrasi dan menurunkan prestasi belajar siswa. Media sosial dapat memicu FOMO (Fear of Missing Out) pada siswa, yaitu rasa takut ketinggalan informasi atau peristiwa yang terjadi di sekitar mereka, yang dapat menyebabkan kecemasan, depresi, dan rasa tidak puas dengan diri sendiri.

Untuk memaksimalkan manfaat media sosial dan meminimalkan dampak negatifnya, diperlukan keseimbangan dalam penggunaannya. Orang tua dan guru memiliki peran penting dalam membantu siswa menggunakan media sosial dengan bijak dan bertanggung jawab. Komunikasi terbuka antara orang tua, guru, dan siswa tentang penggunaan media sosial sangat penting. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun