Mohon tunggu...
Hisbillah Rosyid
Hisbillah Rosyid Mohon Tunggu... Lainnya - MAHASISWA

MAHASISWA DI UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Jerome Bruner dan Pendekatan Pembelajaran Aktif untuk Pendidikan Sekarang

11 November 2024   05:56 Diperbarui: 11 November 2024   07:41 20
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://pymstatic.com/

Di era pendidikan modern, pembelajaran aktif semakin dianggap sebagai kebutuhan utama, terutama untuk mempersiapkan generasi muda menghadapi dunia yang dinamis dan kompleks. Salah satu tokoh penting dalam pendidikan yang mengusung konsep ini adalah Jerome Bruner, seorang psikolog pendidikan yang terkenal dengan teorinya tentang pembelajaran penemuan dan pendekatan konstruktivis dalam proses pembelajaran. Artikel ini akan membahas pemikiran Bruner mengenai pembelajaran aktif dan bagaimana pendekatan ini dapat memberikan dampak signifikan pada pendidikan di abad ini. 

Siapa jerome bruner?

Jerome Bruner (1915--2016) adalah seorang psikolog Amerika yang memiliki pengaruh besar dalam dunia pendidikan. Teori-teorinya menjadi dasar bagi banyak praktik pengajaran modern, terutama dalam cara siswa memproses informasi dan membangun pengetahuan. Bruner terkenal dengan pencampuran bahwa proses belajar yang paling efektif terjadi ketika siswa terlibat secara aktif dalam menemukan dan membangun pengetahuan mereka sendiri. Ia meyakini bahwa belajar bukan sekadar menerima informasi, melainkan juga tentang membangun pemahaman melalui eksplorasi dan partisipasi aktif.

Pembelajaran aktif menurut Jerome Bruner menekankan bahwa siswa belajar paling efektif ketika mereka terlibat langsung dalam proses belajar, bukan sekadar mendengarkan atau menghafal. Bruner berpendapat bahwa anak-anak akan lebih memahami materi jika mereka diberi kesempatan untuk menemukan pemahaman mereka sendiri melalui pengalaman dan eksplorasi. Tahapan belajar yang ia rancang --- mulai dari belajar dengan melakukan (enaktif), melihat gambar atau model (ikonik), hingga berpikir dengan simbol dan bahasa (simbolik) --- membantu siswa memahami materi secara bertahap dan mendalam. Di era sekarang, pembelajaran aktif menjadi semakin penting. Pendekatan ini mendorong siswa untuk berpikir kritis, mandiri, dan memanfaatkan teknologi dengan baik. Selain itu, pembelajaran aktif membuat siswa lebih terlibat dan termotivasi, sehingga mereka tidak hanya memahami teori tetapi juga siap menghadapi tantangan nyata dengan percaya diri dan kreativitas. 

Jerome Bruner telah meletakkan dasar sebagai pendekatan pembelajaran aktif yang fokus pada siswa, yang sangat relevan dengan tantangan pendidikan di abad ini. Dengan mengintegrasikan prinsip-prinsip pembelajaran aktif ke dalam proses belajar-mengajar, para guru dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kemandirian, dan kemampuan beradaptasi yang sangat penting. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun