Mohon tunggu...
Himawan Wicaksono
Himawan Wicaksono Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa ilmu komunikasi UIN sunan kalijaga 23107030095

selamat menikmati apa yang ada di pikiran saya

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Kisah UMKM : ASTA Barbershop Cukur Rambut dengan Tarif Rp.10.000

23 Juni 2024   19:44 Diperbarui: 23 Juni 2024   20:19 66
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Potong rambut Asta Barbershop ini berlokasi di desa Tanjung Kalurahan Bangunharjo Kecamatan Sewon Kabupaten bantul. Usaha Potong Rambut ini didirikan oleh Mas Maryanto pada tahun 2011awal,  pada awal berdirinya usaha potong rambut Asta Barbershop ini diwarnai dengan berbagai perjuangan yang hebat, melibatkan gotong royong dari para pemuda pemudi yang ada di desa tanjung ini, mengapa demikian karena Mas Maryanto tersebut merupakan tokoh di dalam organisasi kepemudaan disisilain Mas Masyanto tersebut meiliki kepribadian yang humoris dan royal hal tersebut terpaku pada salahsatu pemuda yang saya wawancarai bernama Agus mengatakan " wah kalau mas yanto ini orangnya royal dan humoris mas jadi wajar-wajar saja kalau kami, kita-kita dari pemuda ini ya gantian royal juga dalam membantu segala yang dibutuhkan dia".

Sumber pribadi himawan 
Sumber pribadi himawan 

Usaha potong rambut ini buka pada jam 12.00 siang sampai jam 20.00 malam mulai dari hari senin sampai hari sabtu dan memiliki waktu libur pada setiap hari minggu. Dalam sesi wawancara dengan Mas Maryanto selaku Pemilik Usaha Potong Rambut Asta Barbershop ini beliau menjelaskan " Untuk harga potong rambut di sini itu murah meriah saja hanya Rp.10.000 saja lalu buka setiap jam 12.00 siang sampai jam 20.00 malam seteiap harinya, dan untuk rata rata Customer potong rambut ini perhari bisa sampai 20 orang lebih".

Usaha potong rambut Asta Barbershop ini memiliki letak yang sangat strategis yakni memiliki letak di dekat area anak kos dan Kampus-Kampus terdekat yakni kampus STTKD (Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan), Kampus Politeknik ATK (Akademi Teknologi Kulit Yogyakarta), Universitas UAD (Universitas Ahmad Dahlan), selain dekat dengan kampus-kampus lokasi potong rambut ini juga memiliki letak di dalam desa yang mana pasti masyarakat sekitar datang ke potong rambut Asta Barbershop untuk merapikan rambutnya mulai dari golongan tua,muda,dan anak anak. Mengenai letak yang strategis tersebut saya melakukan sebuah wawancara dengan mas maryanto dan mengatakan bahwa " untuk customer yang potong di sini itu banyak mas bermacam-macam mulai dari mahasiswa-mahasiswa dari kampus-kampus deket sini mulai dari STTKD,UAD,ATK dan juga warga masyarakat sini, biasanya sampe capek juga kalau setiap saat banyak antrian tetapi saya sangat bersyukur karena rejeki tersebut datang dengan lancar".

Sumber pribadi himawan 
Sumber pribadi himawan 

Untuk jenis potongan rambut di ASTA Barbershop ini bermacam-macam mulai dari jenis potong rambut yang sedang viral seperti Two Block, French Crop, Undercut, Fade , dan masih banyak lagi lainya. Dalam sesi wawancara yang saya lakukan terkait kebiasaan gaya rambut customer Mas Maryanto mengatakan " kebanyakan orang yang cukur rambut disini itu bervariasi kalau mahasiswa dari kampus STTKD ya biasanya hanya cukur botak atau sekedar merapikan rambut  karena memang seperti semi tentara namun kalau dari kampus-kampus lain dan juga warga masyarakat sini ya bervariasi seperti yang sedang viral-viral sekarang ini, kalau orangtua ya hanya potong rambut seperti biasa saja biasanya hanya bilang mas mau merapikan rambut begitu".

Sumber pribadi himawan 
Sumber pribadi himawan 

Dalam wawancara yang saya lakukan terkait omset yang didapat per hari mas maryanto mengatakan''untuk omset yang saya dapat per harinya tidak usah saya sebutkan nominalnya tetapi pada intinya cukup dan alhamdulilah saya bersyukur atas apa yang saya dapatkan dengan hasil kerja jerih payah saya sendiri tanpa melibatkan oranglain" sebenarnya pembaca juga bisa menghitung sendiri berpa penghasilan yang bisa diperoleh mas maryanto selaku pemilik dan satu satunya barber yang memotong rambut para customernya, berpaku pada sesi wawancara jumlah customer yang datang pada setiap harinya.

Untuk strategi pemasaran yang dilakukan oleh mas maryanto ini juga sangat bervariasi dalam wawancara yang saya lakukan mas maryanto mengatakan " strategi promosi usaha saya ini bermacam macam mas mulai dari keuntungan saya yakni memiliki banyak relasi teman-teman karangtaruna, teman teman pekerjaan sebelumnya, tean teman komunitas dan masih banyak lagi, lalu saya mengandalkan sosial media juga seperti story whatsap dan instagram sebagai wadah promosi saya dalam mempromosikan Asta Barbershop ini, tak hanya itu saya juga menitip pesan kepada para customer yan datang untuk potong rambut disini seperti kepada mahasiswa-mahasiswa saya suruh untuk bilang kepada teman-temanya kalau di sini membuka potong rambut harganya cocok untuk mahasiswa, jadi promosi saya seperti itu sih mas, oh iya satulagi sama setiap hari kalau saya akan buka potongan saya akan membuat story whatsap kalau saya sudah buka dan lalu pada saat saya tutup saya juga membuat story whatsap kalau saya tutup.

Sumber Pribadi Himawan
Sumber Pribadi Himawan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun