Oleh : I Putu Oka Adiaksa (Mahasiswa Program Studi Akuntansi FEB Unmas Denpasar)
Di jaman era globalisasi sekarang ini dan semakin berkembangnya zaman, kebutuhan manusia akan adanya informasi dan penggunaan media sosial sangat berkembang dengan pesat.Â
Dengan menggunakan media sosial kita dapat mengetahui berbagai perkembangan yang terjadi di lingkungan sekitar dan dapat berinteraksi satu sama lain tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.Â
Saat ini media sosial terutama instagram, facebook, line, twitter dan lain sebagainya sangat banyak digunakan oleh para pembisnis untuk meperkenalkan dan mempromosikan suatu produk dari bisnis yang dijalankan.
Dengan adanya media sosial terutama masyarakat dari berbagai usia, gender, kelas sosial, ekonomi dan budaya dapat mengetahui perkembangan yang terjadi di lingkungan mereka.Â
Media sosial saat ini sangat banyak digunakan untuk berbisnis seperti online shop, retail, E-commerce dan lainnya yang digunakan sabagi alat yang paling efektif dalam menjalankan bisnis.
Jejaring media sosial memungkinan orang -- orang dari seluruh dunia untuk berbagi teks, gambar, dan melalui video, bahkan menjadi media bagi seorang untuk mempromosikan dan membangun image hingga menjual produk.Â
Jejaring sosial dapat digunakan untuk membangun komunitas bagi para pengguna produk atau layanan dengan tujuan untuk membangun hubungan dan menciptakan komunikasi yang baik.Â
Sehingga para marketer dapat mendengarkan dan mengetahui langsung apa yang dibutuhkan oleh para konsumen - konsumennya.Â
Saat ini media sosial sangat marak digunakan oleh sebagian besar masyarakat di seluruh dunia untuk memperkenalkan dan mempromosikan produkya oleh karena itu pemanfaatan media sosial harus sangat dengan baik digunakan dalam mengembangkan usaha bisnis.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H