SEL (Social-Emotional Learning) dan CASEL (Collaborative for Academic, Social, and Emotional Learning)
Social-Emotional Learning (SEL) dan CASEL adalah konsep yang saling berkaitan yang menekankan pentingnya pengembangan keterampilan sosial dan emosional pada anak-anak, terutama dalam konteks pendidikan. SEL adalah proses yang mengajarkan anak-anak untuk mengenali dan mengelola emosi mereka, membangun hubungan yang sehat, membuat keputusan yang positif, serta mengatasi tantangan dengan cara yang konstruktif.
1. Social-Emotional Learning (SEL)
SEL adalah proses pengembangan keterampilan yang membantu individu memahami dan mengelola emosi mereka, membangun keterampilan sosial, serta mengambil keputusan yang baik dalam hidup sehari-hari.
Komponen Utama SEL:
Kesadaran Diri (Self-awareness): Kemampuan untuk mengenali dan memahami emosi serta pikiran kita sendiri.
Pengelolaan Diri (Self-management): Kemampuan untuk mengendalikan emosi, mengatasi stres, dan mengelola perilaku agar lebih produktif.
Kesadaran Sosial (Social awareness): Kemampuan untuk memahami perasaan, perspektif, dan kebutuhan orang lain.
Keterampilan Relasional (Relationship skills): Kemampuan untuk berkomunikasi dengan efektif, bekerja sama, dan membangun hubungan yang sehat.
Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab (Responsible decision-making): Kemampuan untuk membuat pilihan yang sehat dan konstruktif berdasarkan pemahaman terhadap konsekuensi dari tindakan.
2. CASEL (Collaborative for Academic, Social, and Emotional Learning)