Mohon tunggu...
Hilya Shofa Agnia
Hilya Shofa Agnia Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa

nonton&membaca

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme dalam Pandangan Jean Piaget Lev Vygotsky

14 Oktober 2024   09:37 Diperbarui: 14 Oktober 2024   09:46 10
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Konsep Teori Belajar Konstruktivisme

Salah satu prinsip pada psikologi pendidikan adalah bahwa guru/pendidik tidak begitu saja memberikan pengetahuan kepada siswa, tetapi siswa yang harus aktif membangun pengetahuan dalam pikiran mereka. Tokoh yang berperan pada teori ini adalah Jean Piaget dan Lev Vygotsky. Teori Konstruktivisme didefinisikan sebagai pembelajaran yang bersifat generatif, yaitu tindakan mencipta sesuatu makna dari apa yang dipelajari. Hal tersebut tentunya berbeda dengan aliran behavioristik yang memahami hakikat belajar sebagai kegiatan yang bersifat mekanistik antara stimulus dan respon. Teori kontruktivisme lebih memahami belajar sebagai kegiatan siswa untuk membangun atau menciptakan pengetahuan dengan memberi makna pada pengetahuannya sesuai dengan pengalamannya.

Konstruktivisme sebenarnya bukan merupakan gagasan yang baru, apa yang dilalui dalam kehidupan kita selama ini merupakan himpunan dan pembinaan pengalaman demi pengalaman. Hal ini menyebabkan seseorang dapat mempunyai pengetahuan yang lebih dinamis. Pendekatan konstruktivisme mempunyai beberapa konsep umum yaitu:

Siswa harus aktif membina pengetahuannya sendiri berdasarkan pengalaman yang sudah ada

Siswa secara aktif dapat membangun pengetahuannya melalui proses saling mempengaruhi antara pengalaman belajar terdahulu dengan pengalaman belajar terbaru

Siswa dapat membina pengetahuannya secara aktif dengan cara membandingkan informasi baru dengan pemahamannya yang sudah ada di dalam pikirannya

Ketidakseimbangan merupakan faktor motivasi pembelajaran yang utama, faktor ini berlaku apabila seorang siswa menyadari gagasan-gagasannya tidak konsisten atau sebaliknya malah sesuai dengan pengetahuan ilmiah dan logis

Sumber belajar yang disediakan harus mempunyai relevansi dengan pengalaman pelajar untuk menarik minat siswa

Berkaitan dengan anak dan lingkungan belajarnya,memberikan pandangan terkait teori konstruktivisme yang mempunyai beberapa karakteristik yaitu:

Siswa tidak dipandang sebagai sesuatu yang pasif melainkan memiliki tujuan,

Belajar mempertimbangkan seoptimal mungkin proses keterlibatan siswa,

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun