Mohon tunggu...
Hilmy Ibrahim
Hilmy Ibrahim Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah mahasiswa Universitas Brawijaya, jurusan Bisnis Digital & E-Commerce

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mengenal Public Relation: Pengertian, Tugas, Tantangan, Keahlian yang Perlu Dikuasai

24 Januari 2023   10:30 Diperbarui: 24 Januari 2023   15:14 250
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Mengenal Public Relation - Apakah diantara kalian ada yang ingin mengejar karir sebagai profesional public relation atau humas? Bicara tentang PR atau humas, pasti akan muncul pertanyaan, apasih public relation itu? Profesi ini merupakan salah satu jenis pekerjaan yang sedang banyak diminati. Bukan hanya karena profesi ini terlihat keren, namun juga memiliki prospek yang menjanjikan serta menantang. Dengan bermunculnya berbagai perusahaan humas atau corporate consulting, profesi ini semakin dikenal lantaran fungsi dan manfaatnya yang makin populer.

Saat ini, memiliki tim public relations merupakan hal yang penting bagi perusahaan modern untuk menjaga hubungan dengan masyarakat luas. Banyak orang yang memilih untuk mengejar karir di bidang ini, meskipun background pendidikan yang berbeda-beda, namun biasanya orang yang menjadi public relation berasal dari pendidikan komunikasi dan pemasaran. Mau tahu lebih lanjut tentang public relation? Mari simak informasi berikut yang tentunya dapat menambah wawasan Anda tentang public relation.

A.    Apasih Pubic Relation?

Public relations (PR) adalah proses membangun hubungan yang baik antara organisasi atau perusahaan dengan masyarakat. Ini termasuk mengelola hubungan dengan media, mengelola krisis komunikasi, menyampaikan informasi dan pesan yang tepat kepada audiens yang tepat pula. Tujuan dari PR adalah untuk membuat citra positif tentang organisasi atau perusahaan tersebut dan untuk membantu dalam mencapai tujuan bisnisnya.

B.     Apasih Tugas Public Relation?

Tugas utama public relations (PR) adalah membantu organisasi atau perusahaan dalam membuat dan menjaga hubungan yang baik dengan masyarakat. Beberapa tugas utama PR meliputi:

1. Menyusun dan mengeksekusi strategi komunikasi

PR akan bekerja sama dengan tim lain dalam organisasi untuk menyusun dan mengeksekusi strategi komunikasi yang efektif.

2. Menyediakan informasi kepada media

PR akan menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh media dan menjaga hubungan yang baik dengan wartawan.

3. Menangani krisis komunikasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun