WHO (World Health Organization) telah menetapkan virus Corona atau yang sering disebut sebagai Covid-19 sebagai pandemic global, yang telah menyerang hampir seluruh negara didunia, salah satunya Indonesia angka kasus positif Covid-19 yang masih terpantau naik, menjadikan kekurangan sumber daya tenaga medis dirumah sakit. Oleh karena itu diadakan KKN Relawan sebagai relawan dan membantu tenaga medis di RSU Universitas Muhammadiyah Malang.
KKN Relawan ini disambut baik oleh pihak RS. Mahasiswa Relawan gelombang 2 melakukan kegiatan pada tanggal 5 Mei 2020 diawali dengan pembekalan dari staf Rumah Sakit, struktur bangunan Rumah Sakit,beberapa arahan kesehatan dan keselamatan kerja dalam bidang kesehatan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.Â
Tidak hanya itu, Mahasiswa KKN Relawan diberikan edukasi bagaimana cara memberikan pelayanan yang baik dan benar kepada pasien terutama cara mencuci tangan dan 5S (senyum, sapa, salam, sopan, dan santun).
KKN ini dibagi menjadi beberapa tim, tim pertama ditempatkan diruangan rawat inap dan poli umum untuk memberikan pelayan terhadap pasien RSU Universitas Muhammadiyah Malang.Â
Tim kedua adalah tim yang bertugas pada bagian skrining yang ditempatkan dilobby dan IGD RSU Universitas Muhammadiyah Malang. Dan tim terakhir ditempatkan di unit Call Center Covid sebagai tim tanggap Covid-19 UMM yang bertugas menangani pengaduan, layanan informasi dan pendaftaran rapid test.
Dengan adanya kegiatan KKN Relawan ini mahasiswa relawan mahasiswa memiliki prioritas tugas terhadap melakukan management keperawatan, pemenuhan kebutuhan dasar pasien RSU Universitas Muhammadiyah Malang, melakukan asuhan keperawatan dan skrining deteksi dini Covid-19 yang dilaksanakan oleh Tim Skrining.
KKN relawan di RSU Universitas Muhammadiyah Malang ini beranggotakan sebanyak 20 orang yang terdiri atas 12 mahasiswa alih jenjang dan 8 mahasiswa regular.Â
Kegiatan KKN relawan memiliki tema "Supporting Tenaga Medis dan Kesehatan RSU UMM" dan berlangsung dari tanggal 5 Mei sampai dengan 5 Juni 2020, yang dibagi menjadi 3 sift pagi, siang, malam.Â
Sift pagi mulai dari jam 07.00 sampai jam 14.00, sift siang mulai dari jam 14.00 sampai 21.00, sift malam mulai dari 21.00 sampai 07.00, sedangkan diruang RIC dan Call Center terdiri dari 2 sift pagi dan malam, sift pagi yang dilaksanakan dari jam 09.00 sampai 21.00, dan sift malam dilaksanakan dari jam 21.00 sampai 09.00.