Mohon tunggu...
Hilda ariska
Hilda ariska Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta yang suka menulis

Perkenalkan saya Hilda. Saya seorang istri dan ibu dari 3 orang anak. Kegiatan utama saya adalah ibu rumah tangga. Selain itu, saya juga membuka sebuah resto lalapan spesial crispy. Di sela sela kesibukan saya. Saya adalah seorang penulis. Saya salah pencapaian saya adalah pernah menjuarai lomba jurnalistik. Demikian deskripsi singkat saya.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Langkah Awal Membuat Bisnis

5 Juli 2024   09:01 Diperbarui: 5 Juli 2024   09:06 19
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Assalamu'alaikum teman-teman

Disini saya mau sharing tentang langkah awal ketika kita memutuskan untuk memulai bisnis

  • mulai dulu, bisnis yang diminati dan ada pasarnya
  • yakin akan produk atau komoditi yang akan dipasarkan akan laku
  • sebisa mungkin jangan menggunakan dana hutang
  • bangun relasi atau cari teman yang positif dalam berfikir
  • terus mencoba, hidup adalah perjuangan
  • menerima masukan ketika ada komplain

jadi, saya memulai menjadi enterpreneur dari jualan sari kedelai modal di bawah 50 ribu. lalu saya kembangkan dengan makanan berat seperti lalapan speisial krispi. saat itu saya memakai modal 100 ribu. dan Alhamdulillah bisa berkembang. tentunya dengan permasalahan yang komplek.

poinnya mencobalah. pengalaman akan menjadi guru yang paling berharga.

semoga bermanfaat

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun