Mohon tunggu...
Hela
Hela Mohon Tunggu... Auditor - Selalu ingin berbagi kasih dengan setulus hati

senang dengan kehidupan yang bahagia, penuh cinta, nyaman dan damai....sederhana kan...

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Plus-Minus Pemberian Diskon

19 Maret 2014   18:34 Diperbarui: 24 Juni 2015   00:45 466
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Konsumen saat ini semakin jeli dan pintar dalam memutuskan suatu pembelian terhadap produk. Pertimbangan selain merek juga fungsi yang diperoleh dari suatu produk. Konsumen yang pintar dan jeli pasti akan memiliki suatu pemikiran akan penghematan pengorbanan yang dikeluarkan untuk barang berfungsi sama meskipun dengan mengorbankan merek terkenal berharga berkali lipat mahal. Dikaitkan dengan tulisan saya “Merek sebagai Gaya Hidup” hal ini menjadi semakin menarik dan controversial.

Produsen secara tidak langsung sebenarnya telah membuat suatu produk yang tentu saja akan menjadi competitor bagi produk lainnya dengan fungsi yang sejenis. Keunggulan dan kekurangan dari masing-masing produk pasti ada. Di sini, konsumen dihadapkan pada pilihan antara merek, harga, jenis, dan kebutuhan. Semua produk ini terpampang dan tertata begitu menariknya di gerai-gerai/showroom pertokoan. Brosur-brosur, leaflet, iklan melalui berbagai media bertarung sedemikian ketat untuk mendapatkan perhatian konsumen.

Diskon

Diskon dapat diartikan sebagai pengurangan pengorbanan berupa uang yang harus dikeluarkan oleh konsumen untuk mendapatkan suatu barang/produk. Produk memang tidak selamanya berupa barang, namun bisa berupa jasa. Diskon menjadi salah satu cara produsen untuk meningkatkan jumlah penjualan atau untuk menghabiskan barang stok lama yang tersisa. Konsumen yang selektif akan mengetahui apakah diskon yang diberikan ini dapat diterima secara realita atau hanya sebagai pengalihan perhatian untuk mengecoh karena barang tersebut rusak/cacat. Diskon bagi konsumen tentu saja sangat menguntungkan dan paling ditunggu apalagi barang yang didiskon merupakan barang favorit dengan merek tertentu. Di sisi lain, diskon bagi produsen memerlukan perhitungan yang tepat terutama pendapatan yang diperoleh minimal mampu menutup modal biaya produksi dan akan lebih baik jika mampu mendapatkan profit lebih. Strategi-strategi diskon sangat bervariasi, misal beli 2 gratis 1, diskon 70% off, diskon 25%, beli ukuran 500ml gratis ukuran 100ml, minimal belanja Rp50.000,00 mendapatkan voucher senilai Rp10.000,00, dan lainnya. Namun harus diperhatikan oleh produsen bahwa diskon yang terus-menerus juga memberikan efek negative atas merek produk tersebut. Konsumen bisa mengasumsikan bahwa merek produk kurang laku. Akan ideal jika perusahaan memberikan diskon pada saat ada event-event misal: hari raya Idul Fitri, Natal, tahun ajaran baru bagi siswa sekolah, ulang tahun perusahaan, sehingga keseimbangan image akan nilai produk untuk mengurangi image negative yang muncul akibat pemberian diskon secara berlebihan dan terus-menerus.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun