Tokoh Pada masa kejayaan Islam berikutnya merupakan Ibnu khaldun yang merupakan ilmuwan Islam yang diketahui selaku sejarawan serta Ayah Sosiologi. Tidak hanya itu ,dia diketahui selaku ayah Ekonomi Islam sebab pemikiran-pemikirannya tentang teori ekonomi yang logis serta realistis jauh dikemukakan saat sebelum adam Smith serta David ricardo. Ibnu Khaldun terlahir dengan nama Abd al-Rahman bin Muhammad bin Muhammad al-Hassan bin Muhammad bin jabir bin Ibrahim bin Abd al-Rahman bin Khaldun, Pada Ramadhan 732H/ 1332 Meter.
 Semenjak kecil Ibnu Khaldun jadi seorang Pembelajar,petualang yang hasu iilmu dengan mencari banyak guru. sampai, pada748 H terjalin wabah sampar yang merenggut nyawa warga-warga Tunisia buat bergabung dengan Abu Inan di Fez. Ibnu Khaldun terletak dipuncak kebingungan, antara senantiasa selaku penasihat raja, ataupun mengejar ilmu buat belajar dari si Guru.
Karya-karya lain Ibnu Khaldun yang bernilai sangat besar diantara lain ,At'riff ni Ibnu Khaldun (suatu kitab autobiografi,catatan dari kitab sejarahnya); Muqaddimah ( pendahuluan atas kitabu al-'ibar yang bercorak sosiologis- historis, serta filosofis); Lubab al-Muhassal fi Ushul ad-Diin( suatu kitab tentang kasus serta pendapat-pendapat teologi, yang ialah ringkasan dari kitab Muhassal Afkaar sl - Mutaqaddimin a al-Muta' akh -Khiriin karya Imam Fakhruddin ar-Razi). Karya-karya Ibnu Khaldun terletak dipinggiran (marginal) dalam struktur ilmu sosial modern.
 Bukan berarti diabaikan, tetapi belum memperoleh tempat pada pembicaraan karya- krya ilmuan Eropa, misalnya Marx, Weber, Durkheim, serta Ilmuan sosiologi serta disiplin ilmu sosial yang lain. karya-karya Ibnu Khaldun pulai mempunyai  donasi signifikan buat ilmu sosial, ialah pertumbuhan argumen-argumen alternatif buat aplikasi pada topik topik lama dalam kjian Islam (2) pertumbuhan sosiologi Khaldunian dalam konteks ilmu sosial modern.Â