Judul Buku : Perencanaan Pembelajaran
Penerbit : PT Bumi Aksara
Pengarang : Dr. Hamzah B.Uno, M.Pd.
ISBN : 979-526-250-5
Jumlah Halaman : 158
Tahun Terbit : 2006
Kota Terbit : Jakarta
Ringkasan Perencanaan Pembelajaran :
Terdapat banyak konsep dan cara dalam perencanaan maupun desain pembelajaran dan salah satunya ialah konsep dasar perencanaan pembelajaran yang mencakup definisi derta tipe-tipe perencanaan pembelajaran. Setelah adanya konsep adapula pendekatan sistem kegiatan perencanaan pembelajaran dengan adanya interasi dan proses transformasi serta komponen-komponen sistem yang akan diterapkan nantinya.
Tiga variabel yang mana menurut ilmuwan tidak bisa dilepaskan dari perencanaan pembelajaran diantaranya variabel kondisi pembelajaran, variabel metode pembelajaran dan variabel hasil pembelajaran. Menurut Dick And Carrey ada 10 langkah dalam mendesain pembelajaran dimana setiap langkah sangat jelas maksud dan tujuan nya sehingga bagi perancang pemula sangat cocok sebagai dasar untuk mempelajari model desain yang lain. Dalam pemaparan buku ini juga terdapat tujuan dalam pembelajaran yaiti taksonomi yang artinya pengelompokan yang mana di dalamnya terdapat 3 kawasan yaitu :Â
1. Kawasan kognitif,Â
2. Kawasan afektif,Â
3. Kawasan psikomotor.
Dalam desain pembelajaran karakteristrik, konsep, struktur serta aliran yang kaitannya dengan pembelajaran juga menjadi ulasan dalam buku ini. Yang mana aliran itu disebut aliran behaviorisme artinya adalah suaru aliran yang menekankan antecendent sebagai penyebab dari perilaku yang umumnya disebut metodologi aliran perilaku. Dilanjut dengan adanya faktor yang perlu dipertimbangkan dalam merancang pembelajaran anak setelah faktor tersebut terlaksana maka barulah adanya evaluasi hasil belajar dengan cara pengukuran, pengevaluasian serta penilaian hasil belajar.
Namun, sebelum menerapkan serta merealisasikan kegiatan pembelajaran perlu adanya penyiapan rancangan kegiatan belajar lalu penerapan kurikulum yang berbasis kompetensi dalam pembelajaran. Esensi KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) tujuan nya adalah untuk menghasilkan terjadinya demokratisasi pendidikan. Hasil keluaran dari KBK adalah terciptanya para lulusan yang menghargai keberagaman..
Kelebihan :
Jika dari tata bahasa, buku ini mampu membantu mahasiswa dengan kemampuan baca yang berbeda, dan dapat menikmati buku yang sama baik itu secara sendiri maupun kelompok. tatanan letak kalimatnya juga berkesinambungan serta bahasa yang mudah dipahami.
Kekurangan :
Masih terdapat beberapa istilah asing yang tidak ada penjelasannya sehingga masih menimbulkan tanda tanya untuk para pembacanya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H