Segala yang viral dan mungkin pernah kamu lihat, tentu itu tidak terjadi begitu saja. Ada kerja keras dari banyak orang di belakang iklan yang viral tersebut. Strategi guerilla marketing menjadi kunci banyak iklan yang viral jika dieksekusi dengan tepat.Â
Apa itu guerilla marketing? Mengutip dari blog HIGO, guerilla marketing adalah strategi pemasaran yang memberik efek kejutan pada audiens yang dituju. Tidak hanya kreatif, iklan yang dibuat biasanya juga unik, outstanding dan mudah dikenali.Â
Setidaknya ada banyak brand besar yang sudah menerapkan strategi guerilla marketing dalam pemasarannya. Seperti Burger King yang belum lama ini mem-posting untuk pesan di MCDonald's. Di dalam postingannya Burger King mengajak semua pengikutnya untuk ikut juga pesan burger di MCDonald's sebagai dukungan selama pandemi.
Keuntungan menggunakan teknik guerilla marketing bagi pemasaran.
1. Menghemat anggaran
Lewat kreatifitas dan data yang dimiliki oleh brand tersebut, guerilla marketing tidak perlu menggunakan artis mahal untuk membuat konten iklan. Bahkan biasanya konten guerilla marketing tidak memerlukan talent di setiap produksi, karena banyak yang hanya gambar biasanya.
2. Lebih berkesan
Begitu beda dan unik akan membuat setiap audiens yang melihatnya begitu terpanah dan akhirnya tersimpan di memori mereka. Jadi tak heran jika iklan seperti ini mudah dikenal oleh banyak orang dan menjadi viral.
3. Membuat orang penasaran
Semakin menarik, semakin banyak audiens yang pensaran. Bahkan bagi mereka yang tidaik begitu mengenal brand tersebut akan langsung melakukan pencarian di google untuk mendapatkan informasi lebih banyak.Â
Strategi guerilla marketing begitu populer untuk membuat konten atau iklan menjadi viral. Jadi bagi para small business atau UMKM cara ini menarik untuk dicoba.Â
Referensi
https://blog.higo.id/guerilla-marketing-strategi-pemasaran-yang-buat-viral
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H